Mohon tunggu...
Teknologi

Peran Generasi Millenial di Era Digital

15 April 2019   01:55 Diperbarui: 15 April 2019   02:33 2866 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Generasi Millenial di Era Digital
millenials-5cb3883acc52834d42556538.png

Generasi millenial sudah sering kali terdengar dan sudah tidak asing saat ini. Yang biasa disebut Generasi Millenial adalah generasi yang lahir ditahun 1980 sampai tahun 2000'an. Istilah generasi millennial tersebut berasal dari millennials yang diciptakan oleh dua pakar sejarah dan penulis Amerika, William Strauss dan Neil Howe dalam beberapa bukunya.

Millenial selalu berkaitan dengan teknologi dan menjadi sorot utama pada saat ini, baik di media maupun di masyarakat. Disebut berkaitan dengan teknologi karena generasi ini open minded terhadap teknologi. Peran generasi millenial ini sangat besar di era digital, dengan kecanggihan smartphone mereka sudah bisa membuat berbagai konten dan bisa mengakses apa saja dengan mudah. Dengan ide-ide kreatif, mereka bisa memulai karirnya menjadi content creator, youtuber, dan juga membuka onlineshop. Sering kali banyak dari mereka yang sukses berkat kemajuan teknologi saat ini.

Berbicara mengenai kemajuan teknologi, Di era millenial ini majalah sudah bisa berbasis online atau yang biasa disebut dengan "Online Magazine" majalah ini tidak menggunakan bahan kertas melainkan dalam bentuk file yang dapat di akses dengan mudah oleh masyarakat melalui internet.

Dalam penggunaan teknologi kita juga harus bisa memilih dan memilah konten yang benar. Namun masih sering kita jumpai masih banyak orang yang menyalah gunakan penggunaan teknologi. Misalnya dengan mengakses konten yang tidak benar yang bisa berdampak buruk tidak hanya pada dirinya melainkan bisa merugikan orang lain. Oleh karena itu sebagai generasi bangsa yang cerdas kita harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik dan mengembangkan ide-ide kreatif dengan kemudahan teknologi yang ada.

Oleh : Elviena Fitriana Hawa, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

VIDEO PILIHAN