Mohon tunggu...
Viena Aulia Damayanti
Viena Aulia Damayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Teknologi Pangan Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Inovatif! Mahasiswa Undip Mengenalkan Cara Penggunaan Pengemas Pintar untuk Frozen Dimsum Tuna kepada Pemilik UMKM!

11 Agustus 2022   07:08 Diperbarui: 13 Agustus 2022   11:49 123 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Malaka Jaya (29/07) -- Dimsum merupakan salah satu produk frozen food yang disukai oleh masyarakat. Umumnya dimsum terbuat dari campuran ayam dan udang, tetapi dimsum bisa juga dibuat dari ikan, lho! 

Selain inovatif, ikan juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Salah satu jenis ikan yang dapat digunakan dalam pembuatan dimsum adalah ikan tuna. Nutrisi yang terkandung dalam 100 gram ikan tuna adalah protein sebesar 22,6 -- 26,2  g/100 g dan lemak sebesar 0,2 -- 2,7  g/100  g.

Pengemasan dalam frozen food merupakan hal yang penting untuk diperhatikan karena fungsi dari pengemas tidak hanya untuk melindungi produk didalamnya, tetapi juga memberikan informasi mengenai produk dan menarik konsumen agar tertarik untuk membeli. 

Oleh karena itu, mahasiswa Undip mengenalkan pengemas pintar berupa pengemas vakum yang digunakan pada produk frozen food seperti dimsum tuna. Keunggulan dari pengemas vakum adalah membuat produk kedap udara sehingga dapat memperlambat masa kedaluwarsa dan dapat menjaga nutrisi produk.

Dokpri
Dokpri

Penyuluhan mengenai pengemas pintar ini dilakukan kepada pemilik UMKM di sekitar Kelurahan Malaka Jaya pada Jumat (29/07). Mahasiswa menjelaskan kepada pemilik UMKM mengenai penggunaan pengemas vakum untuk frozen food dan mengenai apa saja informasi yang harus dimuat dalam sebuah kemasan. 

Informasi tersebut dapat berupa komposisi produk, tanggal kedaluwarsa, sertifikasi produk, tempat produksi, dan sebagainya. Selain itu, mahasiswa juga membawa produk jadi yang sudah dikemas dan memberi contoh desain kemasan yang menarik.

Pemilik UMKM memberikan respon positif dan terlihat sangat tertarik ketika mendengar penjelasan mengenai pengemas pintar. Harapannya, pengemas pintar dapat membantu pemilik UMKM untuk mengembangkan produknya, memberikan nilai tambah, dan meningkatkan daya jual produk.

DPL: Yayuk Astuti, S.Si., Ph.D.

Lokasi: Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Kota Jakarta Timur

Mahasiswa: Viena Aulia Damayanti

Fakultas: Fakultas Peternakan dan Pertanian / Teknologi Pangan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan