Mohon tunggu...
Vidi KresnaSatrio
Vidi KresnaSatrio Mohon Tunggu... Mahasiswa mercubuana

Nim: 43217010191

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Tugas Mata kuliah Prof. Apollo (Daito) Teori Akuntansi - Eksternalitas

8 Mei 2020   17:08 Diperbarui: 8 Mei 2020   17:27 31 0 0 Mohon Tunggu...

Kalian tau apa  itu eksternalitas??  Jika belum tau,  yuk kita kepo-in apa itu eksternalitas! 

Eksternalitas (externality)  muncul ketika seseorang terlibat dalam kegiatan yang memengaruhi kesejahteraan orang lain yang tidak membayar atau menerima kompensasi atas dampak tersebut.  Jika dampakanya bagi orang lain itu buruk.  

Hal ini disebut eksternalitas negatif,  jika dampaknya baik,  disebut eksternalitas positif. Di tengah keberadaan eksternalitas,  kepentingan masyarakat dalam suatu hasil pasar akan melampaui kesejahteraan pembeli dan penjual yang berpartisipasi di dalam pasar: kepentingan masyarakat juga akan meliputi kesejahteraan orang-orang lain yang terkena dampaknya secara tidak langsung. 

eksternalitas hadir dalam beragam bentuk, sebagaimana juga kebijakan yang dibuat untuk mengatasi kegagalan pasarnya,  berikut adalah beberapa contohnya:

* Emisi gas buang dari kendaraan bermotor adalah eksternalitas negatif karena menciptakan asap yang mau tak mau terhirup orang lain. 

* bangunan-bangunan bersejarah yang direnovasi dan dipelihara merupakan suatu menikmati keindahan dan nuasa sejarah yang ada pada bangunan-bangunan tersebut. 

* Gonggongan anjing menciptakan eksternalitas negatif karena para tetangga terganggu dengannya. 

* penelitian -penelitian teknologi baru memberikan eksternalitas positif karena menghasilkan ilmu pengetahuan yang dapat digunakan masyarakat. 

Dalam masing-masing kasus tersebut,  sebagian pembuat keputusan gagal unyuk memperhitungkan dampak-dampak eksternal dari perilaku mereka.  Pemerintah menanggapinya dengan mencoba memengaruhi perilaku ini untuk melindungi kepentingan orang-orang lain. 

EKSTERNALITAS DAN KETIDAKEFISIEN PASAR

Analisis ini menunjukkan dengan tepat mengapa eksternalitas menyebabkan pasar-pasar mengalokasikan sumber.  Sumber daya secara tidak efisien,  kemudia n kita akan menelaah berbagai cara yang dapat ditempuh pelaku-pelaku swasta dan pembuat kebijakan publik untuk memperbaiki kegagalan pasar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN