Mohon tunggu...
Victoria Andrieta
Victoria Andrieta Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Seorang mahasiswi jurusan Travel yang juga adalah Penerima Beasiswa Unggulan 2017 dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Menghindari Senioritas tetapi Tahu Batasan

4 Agustus 2021   13:26 Diperbarui: 4 Agustus 2021   13:41 27 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menghindari Senioritas tetapi Tahu Batasan
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Senioritas adalah salah satu budaya kurang baik yang terjadi di segala jenjang umur. Mulai dari sekolah saja, banyak yang sudah membiasakan untuk melihat senior sebagai seorang yang levelnya berbeda dengan kita. Namun karena brand yang dibangun seperti itu, terkadang malah hilanglah sikap respect seseorang terhadap seniornya, tergantikan dengan sikap tidak suka dan ingin balas dendam. 

Saya sendiri bukan tipe orang yang suka melakukan senioritas ketika berada di manapun. Namun tentu bila ada seseorang yang menganggap dirinya lebih tinggi, saya lebih memilih untuk tidak ambil pusing dan hanya mengiyakan saja. Terkadang sifat pasrah juga dibutuhkan agar senior juga tidak ada alasan untuk melakukan hal macam-macam dengan kita. Karena terkadang senioritas yang sering terjadi adalah pelampiasan, entah amarah atau apapun. Kita tidak salah apapun, tiba-tiba kena, sering. 

Daripada senioritas, mungkin hal yang lebih baik dilakukan adalah soal mengetahui batasan. Senior tetaplah seseorang yang lebih mengetahui keadaan di suatu tempat tersebut, janganlah menjadi orang yang sok tahu hanya berbekal pengalaman dari tempat sebelumnya. Ketika kita bersikap mengetahui batasan, dimana kita menghormati seorang senior, namun juga menolak untuk diinjak-injak, disitulah seseorang bisa menghormati dan menghargai kita juga.

Dunia kerja bukanlah dunia bermain lagi, dan orang yang kita temukan pun beragam. Ada yang malah menjadi lebih dekat seperti keluarga, ada juga yang seperti masuk ke medan perang setiap hari masuk ke kantor. Bagi para pejuang, semangat dalam menjalani hari-hari. Jangan patah semangat bila terjadi senioritas, teruslah berjuang dan semoga hanya buah baik yang kalian petik nantinya. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x