Mohon tunggu...
Vicky Laurentina
Vicky Laurentina Mohon Tunggu... Penulis - Food blogger Indonesia

Saya melakukan food blogging di http://vickyfahmi.com.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Adakah Manfaat Tauge untuk Promil?

3 Agustus 2021   11:00 Diperbarui: 3 Agustus 2021   12:04 207 8 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Adakah Manfaat Tauge untuk Promil?
Tauge.  (Foto: Milada Vigerova, Unsplash)

"Ayo makan tauge, biar cepet hamil!" begitu kata orang-orang jaman dahulu tatkala menasehati pasangan-pasangan yang belum memperoleh anak.

Budaya makan tauge untuk meningkatkan kesuburan masih populer pada masa kini. Forum-forum promil yang banyak bertebaran di dunia maya, seringkali mengangkat isu bahwa makan tauge bisa mempermudah mendapat anak. Baik istri, maupun suami, sama-sama disemangati untuk makan tauge setiap hari, apalagi kalau istrinya baru selesai menstruasi. 

Pertanyaannya, benarkah ada manfaat tauge untuk promil itu?

***

Kontroversi Manfaat Tauge untuk Promil

Manfaat tauge untuk promil, ternyata sampai hari ini masih menjadi kontroversi di kalangan para ilmuwan lho. Pasalnya penelitian-penelitian tentang tauge dan kesuburan, masih menunjukkan hasil yang tidak konsisten.

Ada hipotesis bahwa jika sperma jantan yang terpapar radiasi gamma diberi ekstrak tauge, ekstrak tauge ini akan meningkatkan kualitas sperma bersangkutan. Alasannya, radiasi gamma menimbulkan stress oksidatif yang dapat merusak sperma, sedangkan tauge mengandung tokoferol (vitamin E) yang melawan peristiwa stress oksidatif tersebut. Padahal kalau sperma dibiarkan rusak, maka kesuburan pun terganggu.

Terbukti setelah diberi ekstrak tauge, sperma nampak lebih motil, viable lebih lama, dan bentuknya lebih baik.

Namun banyak juga penelitian malah menunjukkan bahwa setelah hewan-hewan jantan percobaannya diberi tauge, kecepatan spermanya malah melambat.

Salah satu penelitian dari suatu sekolah farmasi di Semarang pada baru-baru ini malah menunjukkan bahwa sperma mencit jantan yang diberi jus tauge, ternyata tidak mengalami perbaikan bentuk sperma. Padahal bentuk sperma itu penting untuk menentukan keberhasilan sperma menghamili sel telur.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa pada mencit jantan yang diberi jus tauge ini juga tidak mengalami peningkatan jumlah sperma. Ini memberi spekulasi bahwa pada jantan yang mengalami azoospermia pun, pemberian tauge tidak akan memberi manfaat yang bermakna. Padahal azoospermia merupakan salah satu faktor penyebab dari kegagalan promil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan