Mohon tunggu...
viatur
viatur Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mendidik Anak Milenial

6 Oktober 2019   07:21 Diperbarui: 6 Oktober 2019   07:26 152 7 2 Mohon Tunggu...

Pada zaman ini, mendidik anak-anak milineal tidaklah semudah mendidik anak-anak pada zaman dulu. Dikarenakan anak-anak milineal ini, lebih mementingkan telepon genggam dari pada bersosialisasi dengan orang-orang disekitarnya.  

Banyak orang-orang tua sekarang merasa bahwasannya kebudayaan untuk sopan santun kepada orang tua, mulailah pudar. Bagi anak zaman milineal ini telepon genggam lah sangat penting, bukan orang-orang yang disekitarnya.

Anak-anak milineal ini, ketika disuruh untuk melakukan A, maka pastinya mereka anakn bertanya mengapa harus A, kok tidak A B atau yang lainnya. Pasti jauh berbeda dengan pola asuh anak-anak pada zaman dahulu. Yang mana anak-anak zaman dahulu disuruh A, pasti tak banyak tanya dan langsung melakukan apa yang disuruh.

Lantas bagaimana sebagai orang tua maupun guru mendidik anak-anak milineal khususnya untuk anak-anak usia dini? Tak banyak dari mereka menirukan orang-orang dewasa disekitarnya, seperti bermain tik-tok, melihat youtube, game online, dan lain-lainya yang terdapat dalam telepon genggam. Berikut merupakan cara yang dapat dilakukan untuk orang tua mendidik anak milenal :

1. Terbuka

Sebagai orang tua untuk genarasi milineal haruslah memiliki sifat terbuka. Artinya,  orang tua milineal harus memiliki prespektif yang tidak konvensional dalam membentuk keluarga yang modern. 

Dalam pengasuhan ini lebih mengutamakan kerja tim, dan mengesampingkan pembagian tugas yang berdasarkan gender. Artinya, dalam pengasuhan ini tidak akan membedakan permainan laki-laki dan perempuan. 

Tak hanya itu, sebagai orang tua milineal haruslah terbuka terkait hal-hal yang terbaru. Artinya, ketika anak-anak melihat kejadian ataupun sesuatu yang baru, maka sebagai orang tua milineal haruslah terbuka pikirannya untuk mengetahui berbagai hal yang dialami oleh si anak. 

Biasanya orang tua milineal ketika mengasunyapun sering melihat-lihat internet untuk menambah wawasan mereka tentang butuhnya mendidik anak.

2. Menyangi tanpa memarahi

Sebagai orang tua untuk generasi milineal haruslah membuat anak nyaman dalam segala hal. Nah, tak semua anak ketika disuruh harus dimarahin terlebih dahulu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x