Mohon tunggu...
Octaviani
Octaviani Mohon Tunggu... mahasiswa

asal usul takan bisa jadi penghalang untuk bekarya _bulukjegara_

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Harapanku Akan Pemindahan Ibu Kota

4 Agustus 2019   23:59 Diperbarui: 5 Agustus 2019   00:10 0 0 0 Mohon Tunggu...
Harapanku Akan Pemindahan Ibu Kota
sumber kompas TV

Wacana pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia menjadi isu yang sangat menarik tahun ini. Hal ini selaras dengan yang dikatakan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tentang pemindahan. Beliau memastikan bahwa Ibu Kota Negara Indonesia akan berpindah ke Kalimantan, meskipun belum ditentukan tempat pastinya.

Beliau pun  sudah meninjau beberapa  lokasi calon ibu kota yang baru, untuk nantinya salah satu dari tempat-tempat ini akan dipilih setelah diputuskan dan diperhitungkan dengan baik. Joko Widodo juga menegaskan bahwa selanjutnya kota yang akan dipilih menjadi ibu kota yang baru akan diumumkan secara resmi pada Agustus ini.

Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan bukan tanpa alasan tetapi karena Jakarta dianggap sudah tidak layak menjadi ibukota negara. Seperti yang kita tahu bahwa Jakarta sering terjadi banjir, macet yang tinggi, kekurangan air bersih, keterbatasan lahan dan sebagainya. Hal inilah yang mendukung keputusan pemerintah untuk memindahkan ibu kota ke provinsi lain.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pemindahan ibu kota negara ini akan berdampak pada masyarakat lokal. Kondisi ekonomi dan sosial budaya masyarakat setempat akan dipengaruhi dengan dijadikannya sebagai ibu kota negara.

Diharapkan dengan ibu kota yang baru ini tidak membuang adat istiadat yang sudah terbentuk pada masyarakat lokal. Meski tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada budaya luar yang masuk ke ibu kota yang baru tersebut.

Selanjutnya adalah para masyarakat lokal diharapkan tidak kalah dengan para pendatang. Tidak hanya mendatangkan banyak budaya yang baru tetapi juga banyak pendatang yang akan datang dengan segala keahlian dan sumber daya manusia yang mereka miliki. Jangan sampai pemindahan ibu kota yang baru ini tidak menguntungkan masyarakat setempat.

Pemindahan ibu kota yang baru ini tentu diharapkan hanya berdampak pada masyarakat setempat tetapi juga berdampak lebih luas bagi negara ini. kembali ketujuan awal bahwa pemindahan ibu kota ini dikarenakan banyak permasalahan yang tidak mampu terselesaikan di jakarta.

Dengan adanya ibu kota yang baru ini diharapkan bahwa permasalahan-permasalahan tersebut tidak terjadi lagi dan dapat ditanggulangi lebih awal. Sehingga ibu kota ini dikemudian hari juga tidak menjadi alasan untuk kemudian berpindah kembali.

Selanjutnya diharapkan melalui ibu kota yang baru ini adalah menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang maju.  Sangat diharapkan bahwa dengan adanya ibu kota yang baru menarik para investor untuk percaya pada negara ini sehingga dapat meningkatkan Indonesia dari segi ekonomi. Tidak hanya dalam bidang ekonomi tetapi juga dalam segala bidang dapat meningkat setelah pindah ke ibu kota yang baru.

Selanjutnya masyrakat Indonesia mendapatkan kesejahteraan dan pelayanan yang merata, sehingga pemerintah tidak hanya berpusat di pulau Jawa saja, tetapi luar Jawa juga mendapatkannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2