Mohon tunggu...
viansyahnor
viansyahnor Mohon Tunggu... Ordinary Human

Seorang Freelancer

Selanjutnya

Tutup

Travel

Pantai Batu Bengkung, Raja Ampat di Malang Selatan

25 Agustus 2019   10:53 Diperbarui: 25 Agustus 2019   13:26 0 0 0 Mohon Tunggu...

Bagi para penggemar wisata alam terutama pantai, seharusnya Malang masuk kedalam daftar yang wajib dikunjungi. Karena Malang memiliki banyak sekali pantai yang indah dan eksotis dan tidak jarang beberapa pantai masih asri karena masih sepi pengunjung. Salah satu pantai yang wajib anda kunjungi adalah Pantai Batu Bengkung.

Pantai yang satu ini menyuguhkan pemandangan pantai yang indah dan eksotis dengan dominasi batuan karang. Di pantai ini juga ada kolam-kolam alami yang unik dan dapat menambah keindahan Pantai Batu Bengkung. Kolam-kolam ini terbentuk secara alami karena hantaman arus ombak yang deras. 

Saat air laut surut dan air-air tersebut terjebak di dalam cekungan kolam anda dapat bermain-main sepuasnya di dalam kolam tersebut. Jika anda tertarik untuk menikmati pemandangan di Pantai Batu Bengkung, simak ulasan berikut ini.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati indahnya pemandangan Pantai Batu Bengkung, anda tak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Karena harga tiket masuknya hanya sebesar Rp. 7.500 dan anda sudah dapat bermain di kolam alami yang terdapat di Pantai ini. 

Dan untuk biaya parkir anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000 atau Rp 10.000 jika parkir menginap. Fasilitas yang disediakan juga seperti pantai-pantai lainnya, yaitu musholla, toilet, kamar mandi, dan warung untuk tempat makan.

Rute dan Lokasi

Pantai ini terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Pantai yang terletak di Desa Gajahrejo ini merupakan salah satu pantai yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa dan mempunyai rute yang hampir mirip dengan Pantai Bajul Mati dan Pantai Goa Cina.

Jika dari arah Malang, ambil arah ke Turen, lalu pergi ke Selatan menuju arah Sumbermanjing Wetan dan lanjut ke arah Pantai Sendang Biru. Saat anda ketemu dengan pertigaan, disana akan ada sebuah petunjuk arah. 

Belok ke kanan menuju arah Pantai Goa Cina dan Bajul Mati. Dari Pantai Bajul Mati ke arah barat sekitar 3 kilometer. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan yang memilki udara sejuk selama dalam perjalanan. Jalanan menuju lokasi Pantai kebanyakan sudah ber aspal mulus dan berkelok-kelok.

Objek Wisata di Pantai Batu Bengkung

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan saat anda berkunjung di Pantai Batu Bengkung ini, antara lain adalah.

1. Sejarah Penamaan Pantai Batu Bengkung

Dijuluki Batu Bengkung karena ada kaitannya dengan bebatuan yang mengelilingi Pantai. Bebatuan-bebatuan tersebut melindungi pantai dari ombak air laut yang deras dan secara alami membentuk kolam air. Rangkaian bebatuan ini membentuk seperti lengkungan yang jika dilihat mirip dengan wanita yang sedang dibekung. Dari hal inilah julukan Batu Bengkung berasal.

2. Bermain air di kolam alami

Seperti yang dijelaskan tadi, Anda bisa bermain-main bahkan berendam di kolam alami yang terbentuk oleh batuan karang tersebut. Pastinya sangat menyegarkan jika bermain air di kolam dengan dikelilingi air laut yang jernih. Untuk berenang di Panai Batu Bengkung ini dilarang, karena arus ombaknya yang deras. Namun di beberapa waktu tertentu para pengunjung diperbolehkan untuk berengan, tergantung dari keadaan angin dan ombaknya.

3. Menikmati Panorama dari atas tebing

Nah untuk Anda yang suka sekali dengan tantangan, Di Pantai Batu Bengkung ini ada spot yang bagus untuk menjajal jiwa petualang anda. Spot tersebut adalah sebuah tebing yang memiliki kemiringan hampir 90 derajat. Di atas tebing ini anda dapat melihat pemandangan Pantai dengan lebih baik. Namun jika anda takut, tenang saja di tebing ini sudah disediakan tali pembantu untuk memanjat.

Ya, itulah beberapa ulasan tentang tempat wisata Pantai Batu Bengkung yang terdapat di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Yang pastinya anda tidak akan menyesal jika mengunjungi pantai yang satu ini, karena pemandangan alam yang disajikan tidak kalah dengan pantai pantai terkenal yang lainnya.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x