Mohon tunggu...
Via Mardiana
Via Mardiana Mohon Tunggu... Freelance Writer

Penulis Novel | Freelance Writer | Blogger | Traveller | Instagram : @viamardiana | Twitter: @viamardianaaaaa | Blog pribadi : www.viamardiana.com | Email : engineersukasastra@gmail.com atau mardianavia@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana Pilihan

Lebaran Damai, THR Aman Bareng Bank BCA

11 Mei 2019   12:13 Diperbarui: 11 Mei 2019   12:22 0 1 0 Mohon Tunggu...
Lebaran Damai, THR Aman Bareng Bank BCA
Dokumentasi Pribadi

Siapa sih yang tidak menunggu cairnya THR? Baik karyawan swasta maupun karyawan pemerintahan, pasti akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya dari tempat bekerja. Dan bulan Mei ini memang menjadi bulan yang penuh berkah karena gaji bulan Mei turun bersamaan dengan THR 2019. Wow!

Saya sendiri merasa 'sedang banyak uang nih' dan bisa saja kalap membeli barang-barang yang tidak penting. Jika perasaan tersebut tidak diantisipasi dengan cerdas pada akhirnya akan menjadi boomerang bagi saya sendiri. Oleh karena itu, saya memang berkomitmen untuk membuat anggaran pengeluaran lebaran agar tidak over budget.

Secara peruntukkan sebenarnya gaji Mei digunakan untuk bekal hidup di bulan Juni, sedangkan THR bisa digunakan untuk keperluan lebaran. Namun, dalam prakteknya terkadang perasaan "sedang banyak uang" ini jadi momok yang menakutkan. Jika tak pandai mengendalikan keinginan bukan tidak mungkin dibulan Juni uang sudah habis dipertengahan dan kebingungan untuk bekal disisa hari menuju gajian.

Tentunya kita semua tidak mau merasa dibulan Juni pontang panting cari pinjaman karena uang bulanan dan uang THR habis dipakai untuk persiapan lebaran. Oleh karena itu, perencanaan terhadap pengeluaran lebaran harus diperhatikan. Kali ini, saya mau bagi tips jitu agar lebaran kita damai dan uang THR aman. Nah, bagaimana caranya agar uang THR aman? Yuk simak baik-baik.

Buatlah Perencanaan Pengeluaran Lebaran dengan Detail

Membuat perencanaan pengeluaran lebaran sangatlah penting. Jangan sampai banyak pengeluaran mendadak yang justru sebenarnya tidak direncanakan. Nah, kalau saya memang setiap lebaran membuat perencanaan pengeluaran seperti untuk membeli baju sendiri, baju keluarga, kue untuk di rumah, kue untuk dikirimkan ke keluarga, dan juga uang angpau untuk keponakan.

Sebelum membuat perencanaan pengeluaran, saya sudah mempersiapkan budget maksimal untuk pengeluaran tersebut. Hitungannya memang sedikit berbeda dari perencanaan pengeluaran setiap bulan. Intinya dari THR tersebut minimal 40% harus saya simpan untuk tabungan. Mengapa saya menggunakan perhitungan 40%? Karena memang saya memiliki target sendiri ditahun ini untuk lebih banyak menabung

Buatlah daftar pengeluaran dengan detail dan juga nominal yang dibutuhkan untuk pengeluaran tersebut. Ingat ya, berbuat baik itu wajib tapi jangan sampai pengeluaran kita jadi over. Apalagi motifnya karena kita malu dilihat keluarga karena cuma ngasih angpau keponakan 50 ribu. Pemikiran-pemikiran seperti itu harus segera dihilangkan karena hanya akan membebani kamu saja.

Memisahkan uang THR di Rekening Lain (Membuka Rekening Baru)

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x