Mohon tunggu...
Via Olga Pangaribuan
Via Olga Pangaribuan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Computer Engineering, IPB University

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Lampu Taman Berdasarkan Sensor LDR (Light Dependent Resistor)

26 September 2020   09:51 Diperbarui: 26 September 2020   09:59 35 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lampu Taman Berdasarkan Sensor LDR (Light Dependent Resistor)
dok.istimewa

Hai teman teman…

Kalian suka bepergian ke taman ga si? Kalau iya, kita sama ni hehe. Nah, kalau kalian perhatiin kalian suka penasaran ga sih sama lampu taman yang menyala sewaktu gelap (malam) dan padam sewaktu terang (pagi dan siang), kira-kira cara bekerja lampu tersebut bagaimana ya? Apakah menggunakan saklar/adaptor, atau ada petugas yang bertugas untuk menyalakan dan memadamkan lampu tersebut ya? Haha.. Yuk kita bahas bersama-sama.

Nah ternyata kebanyakan lampu taman itu menggunakan sensor cahaya guys. Bagaimana cara pengerjaannya? Misalnya kita ambil salah satu contoh sensor cahaya yang sering digunakan yaitu sensor LDR (Light Dependent Resistor), cara kerja dari sensor ini adalah untuk menghidupkan dan mematikan lampu yang terhubung ke listrik secara otomatis tergantung pada kondisi cahaya yang mengenai sensor LDR. Artinya jika keadaan sudah malam, lampu akan menyala dan jika sudah pagi lampu akan padam.

Jika teman-teman penasaran bagaimana simulasi penggunaan lampu taman yang menggunakan sensor LDR ini, nah di bawah ini adalah gambar rangkaian dari Lampu taman yang menggunakan sensor ldr.

Komponen apa saja yang dibutuhkan?

Nah seperti pada gambar yang di atas kita dapat melihat komponen yang diperlukan adalah : Sensor LDR, arduino, resistor, LED, kabel jumper, dan pcb.

Prinsip rangkaian sensor seperti ini cocok digunakan untuk lampu taman, bisa juga lampu rumah dan sekarang sudah ada juga mobil yang lampunya hidup saat malam tiba dan mati ketika siang hari. Nah sekian informasi yang saya tulis, semoga lewat tulisan ini kita dapat mengerti cara kerja dari lampu – lampu yang menggunakan sensor cahaya. Terimakasih semua.

Penulis : Via Olga Pangaribuan (Mahasiswa)

               Ridwan Siskandar, S.Si. M.Si (Dosen Pembimbing)

VIDEO PILIHAN