Salah satu peluang pekerjaan di era digitalisasi seperti sekarang adalah menjadi seorang digital marketing, hal ini dikarenakan untuk melakukan promosi kita membutuhkan skill khusus dan tentu saja promosi adalah kunci dari keberhasilan kita dalam menyebarluaskan produk.
Pada artikel kali ini saya akan membahas terkait dua program tersebut mencakup pengertian dan perbedaan mengenai kedua program tersebut.
Pengertian SEO Dan SEM
Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) adalah dua program sederhana yang dapat membantu anda dalam meningkatkan penghasilan melalui promosi dalam media digital.
Menurut Ebner & Granitza menyatakan Search Engine Optimization (SEO) merupakan singkatan yang sudah mendapatkan popularitas tinggi diantara desainer situs web profesional maupun individu pribadi.
Ketika melakukan Search Engine Optimization maka diperlukan keterampilan analisis yang sangat tinggi karena Anda harus memahami terlebih dahulu apa kesukaan target audiens Anda.
Apabila posisi website bisnis Anda berada pada urutan pertama pada Search Engine Results Page maka akan memungkinkan orang lain menemukan website Anda lebih mudah.
Contohnya ketika Anda sedang berperan sebagai pelaku digital marketing, ketika website Anda berada pada urutan pertama di mesin pencarian seperti Google dan Yahoo maupun mesin pencari lainnya, hal tersebut berarti Anda sudah berhasil mengoperasikan Search Engine Optimization.
Selanjutnya adalah Search Engine Marketing (SEM). Search Engine Management adalah upaya yang dapat dilakukan oleh para pelaku digital marketing untuk mengoptimasikan website supaya dapat muncul pada mesin pencarian dalam bentuk iklan.
Apa perbedaan SEO dan SEM?