Mohon tunggu...
Veronika RosaAngelia
Veronika RosaAngelia Mohon Tunggu... God bless

PR UKSW'19

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Apa sih Public Relations Itu?

26 November 2019   16:39 Diperbarui: 26 November 2019   17:03 420 0 0 Mohon Tunggu...

Taukah kalian apa itu Public Relations? Secara umum public relations atau PR adalah proses interaksi dimana Public Relations menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan kedua belah pilak, dan menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik, bertujuan menanamkan keinginan baik, kepercayaan saling adanya pengertian dan citra yang baik dari publiknya.

Secara keseluruhan, PR lebih berorientasi pada perusahaan guna membangun citra positif perusahaan, hasil yang lebih baik dari sebelumnya akan menimbulkan opini dan kritik dari konsumen. Selain itu dapat dikatakan bahwa PR memelihara, menumbuhkembangkan, mempertahankan adanya komunikasi timbal balik yang diperlukan dalam menangani atau mengatasi masalah yang muncul, atau meminimalkan munculnya masalah.

Mungkin beberapa orang bertanya mengapa etika berpakaian itu penting bagi seorang PR? karena seorang PR adalah representase dari sebuah perusahaan dimana PR adalah profesi yang sering bertatap muka dengan klien, media ataupun publik, maka sangatlah perlu etika dalam berpakaian. Tak hanya itu, seorang PR dituntut untuk mampu berpikir kritis, banyak ide dan kreatif, serta pandai mengkoordinir. 

Tentunya seorang PR juga memiliki wawasan yang luas, selain itu seorang PR memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik terkait dengan public speaking dan lainnya, kemampuan dalam berorganisasi, kemampuan bergaul atau membina relasi, kemampuan menulis. Hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan Public Relations adalah itikad baik, kepercayaan dan citra baik yang menguntungkan semua pihak. Suksesnya suatu perusahaan tidak terlepas dari ketrampilan yang dimiliki oleh seorang Public Relations.

Seorang PR juga tak jauh dari media, seperti media sosial, media cetak mapupun media lainnya. Tugas dari seorang public relations salah satunya adalah mengenal berita-berita terkini, tentu saja di era modern saat ini perkembangan tekhnologi  sudah semakin maju dan berkembang, sebagai seorang PR mereka juga harus mengikuti perkembangan zaman. 

Salah satu kemampuan penting yang harus dikuasai oleh PR dalam suatu perusahan atau organisasi harus menjalin hubungan baik dengan pihak media. Melalui PR, suatu perusahan atau organisasi berkomunikasi dan menjalin relasi dengan publik-publiknya. Dalam menjalin komunikasi dan relasi publik-publiknya, diperlukannya media massa. 

Oleh karena itu media relations menjadi bidang penting dalam dunia PR. Selain itu perusahaan atau organisasi menjadikan media massa sebagai mitra agar organisasi bisa berkomunikasi dengan publik-publiknya. Itu sebabnya, media relations menjadi sangat strategis bagi organisasi. Lebih jauh lagi, dalam berkomunikasi dan menjalin relasi itu, organisasi pun menggunakan media massa untuk menjaga reputasinya. Oleh sebab itu, penting sekali bagi PR untuk memahami seluk beluk dunia media massa.

Disusun oleh: Veronika Rosa Angelia

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x