Mohon tunggu...
Verawati Pasaribu
Verawati Pasaribu Mohon Tunggu... Universitas Indraprasta PGRI

Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Ternyata Ini 5 Manfaat Tidur Siang

16 Mei 2021   12:06 Diperbarui: 16 Mei 2021   12:14 184 8 5 Mohon Tunggu...

Menurut penelitian tidur siang tak hanya bermanfaat bagi anak-anak saja, namun orang dewasa juga perlu. Ketika masa kanak-kanak tentu kita sering diminta untuk tidur siang oleh orang tua, setelah beranjak dewasa kebiasaan tersebut perlahan-lahan menghilang.

Tidak semua orang bisa dengan leluasa untuk tidur siang setiap harinya, nah jika ada kesempatan itu tentunya sebisa mungkin untuk menerapkan tidur siang dengan baik. Namun, tidur siang sebenarnya tidak perlu dilakukan selama berjam-jam, tidur siang hanya membutuhkan waktu selama 10 menit saja sudah sangat baik untuk kesehatan.

Tidur siang yang cukup tidak hanya baik bagi kesehatan fisik saja, untuk kesehatan mental juga baik. Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari tidur siang ini, maka kita harus memilih waktu yang tepat.

Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan :

  • Meningkatkan Daya Ingat : Tidur siang baik untuk kesehatan yaitu untuk meningkatkan daya ingat. Tidur siang bisa membantu kita untuk menginat apa yang sudah dipelajari sebelumnya, sama seperti tidur saat malam hari. Otak akan menyimpan informasi yang kita dapatkan sebelum tidur.
  • Tetap Produktif : Tidur siang bisa membantu kita untuk memiliki kinerja yang lebih konsisten karena ketika kita mengerjakan berbagai macam tugas sepanjang hari tentunya kinerja kita cenderung menurun seiring berjalannya waktu. Hal ini lah yang menyebabkan menurunnya konsentrasi menjelang malam.
  • Memperbaiki Suasana Hati : Tidur siang dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan semangat ketika kita merasa lelah ataupun sedih.
  • Meningkatkan Kesabaran : Manfaat tidur siang untuk kesehatan selanjutnya yaitu membuat diri kita menjadi lebih sabar. Menurut peneliti dari Universitas Michigan, Amerika Serikat terhadap beberapa peserta yang diminta untuk mengerjakan tugas yang menyebalkan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta yang sudah tidur siang memiliki kesabaran dan mengerjakan tugas tersebut selama 90 menit. Sementara peserta yang tidak tidur siang hanya mampu mengerjakan selama 45 menit.
  • Meningkatkan Kreativitas : Tidur siang dapat merangsang kreativitas dan membantu memecahkan masalah yang cukup sulit. Mengutip dari Sleephugger, tidur siang memiliki manfaat untuk meningkatkan kreativitas. Tak hanya itu, penggunaan memori dan proses kognitif bisa bertambah baik setelah kita rutin tidur siang dengan waktu yang cukup.

Untuk itu sangat penting bagi kita untuk tidur saat siang hari, namun dengan memperhatikan waktu, supaya mendapatkan jam tidur yang optimal.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x