Mohon tunggu...
Vera Syukriana
Vera Syukriana Mohon Tunggu... Guru - guru

meyakini dan mensyukuri adalah awal kesuksesan

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Ramadan Bersama Umar: Baju Lebaran untuk Umar (Part 24)

12 Mei 2021   09:02 Diperbarui: 12 Mei 2021   09:05 222 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadan Bersama Umar: Baju Lebaran untuk Umar (Part 24)
dopri/ Umar action

Oleh : Vera Syukriana, S.Pd

Rabu, 5 Mei 2021 adalah hari terakhir umi sekolah menjelang lebaran. Kegiatan di sekolah umi hari itu penutupan pesantren ramadan. Umi mengumpulkan semua peserta didik di satu tempat dengan mengatur jarak mereka karena mereka harus jaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan.

Diawali dengan pengarahan dari Pak Riduan, S.Ag salah satu guru pendidikan agama islam di SDN 03 Simpang Rumbio tempat umi mengabdi. Semua berkonsentrasi mendengarkan arahan Pak Riduan. Tiba-tiba keadaan mulai rusuh karena kami merasakan gempa yang cukup lama. Semua diminta untuk berzikir dan berlindung semata-mata kepada allah SWT.

Umi langsung mengambil gawai dan menanyakan keadaan umar dan rasyid di rumah. Alhamdulillah, mereka aman terkendali. Umi melihat ada info mengenai gempa di WAG sekolah. Ternyata gempa yang dirasakan  merupakan Gempa Magnitudo: 5.8, Kedalaman: 29 km, 05 Mei 2021 08:24:35 WIB, Koordinat: 2.04 LS-99.62 BT (3 km Tenggara TUAPEJAT-SUMBAR), Tidak berpotensi tsunami #BMKG.

Lama kelamaan gempa berhenti. Kemudian dilanjutkan acara tadarus Alquran. Selesai tadarus bapak guru agama memberikan sebuah nasehat yang dapat menyadarkan siswa akan ibadah. Ibadah yang sangat penting dan wajib dilaksanakan sebagai hamba Allah, yaitu sholat.  Dan banyak lagi nasehat lainnya yang mengajak para peserta didik untuk selalu mentaati allah dan Rasul.

Setelah itu, umi dan guru lain membawa setumpuk hadiah yang akan diberikan kepada peserta didik yang terbaik. Baik disiplin, ibadah, keaktifan, dan keseriusannya dalam menerima ilmu yang diberikan selama pesantren ramadan.

Terlihat, semua peserta didik berbinar-binar dan mengharapkan mereka sebagai sang juara. Sebelum yang terbaik disebutkan, ada hadiah rebutan yang akan dibagikan untuk peserta didik yang berhasil menjawab pertanyaan.

Pak Riduan menanyakan masalah nasehat yang dia berikan sebelum ini mengenai sholat. Beliau mengajukan tiga pertanyaan. Peserta didik antusias dan rebutan mengacungkan tangan demi mendapatkan hadiah rol, penghapus, dan peruncing. Meskipun hadiahnya hanya itu, tidak menyurutkan semangat mereka untuk berusaha menjadi seorang pemenang.

Selesai Pak Riduan mengajukan pertanya dan semua yang menjawab  telah dapatkan  haknya. Umi diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan. Namun, sebelumnya umi ingin ada seseorang yang mau bernyanyi ke depan.

"Saya, Buk!" jawab Fauzan mengacungkan tangannya.

"Masyaallah. Silahkan, nak. Fauzan mau nyanyi apa?" ujar umi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x