Mohon tunggu...
Vera Syukriana
Vera Syukriana Mohon Tunggu... guru

meyakini dan mensyukuri adalah awal kesuksesan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pencapaian yang Dinanti bersama Umar

4 Maret 2021   22:54 Diperbarui: 4 Maret 2021   23:17 65 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pencapaian yang Dinanti bersama Umar
dopri/Berbuka Puasa

Oleh : Vera Syukriana,S.Pd

Puasa Senin Kamis adalah puasa sunah yang sering kali dilakukan setiap hamba Allah  SWT. Baik orang dewasa maupun anak-anak. Tak terkecuali bagi anak kecil umur 6,5 tahun seperti Umar.

Dia sering menangis apabila Umi dan Abinya tidak membangunkan makan sahur. Dia akan merasa kecewa saat mengetahui di pagi hari ternyata orang tuanya puasa sunah Senin-Kamis.
Seperti bulan ini. Senin kemaren dia merasa marah karena ketika dia terbangun melihat Umi dan Abi selesai makan sahur.

"Umi bohong, tidak mau bangunkan Umar untuk sahur. Pokoknya Umar mau puasa pas Umi dan Abi puasa. Jangan lupa bangunkan Umar ya, Mi," rengek Umar sambil mengeluarkan air mata kekecewaan.

Tibalah di hari Kamis, tepatnya tanggal 4 Maret 2021. Umar bergegas bangun saat mendengar bunyi piring diambil Umi. Dia berlari keluar kamar menuju Umi. Dia menyampaikan keinginannya untuk berpuasa.

"Umar juga mau puasa ya, Mi!" kata Umar sambil memeluk uminya di dapur.

"Iya, anak salih," jawab Umi mengusap kepala Umar.

Umar langsung melompat kegirangan. Dia membantu Umi mempersiapkan makan sahur. Dia mengajak orang tuanya berdoa sebelum sahur dan minta doa spesial pada Umi agar puasanya sekarang tercapai sampai beduk Magrib.

Sambil makan sahur, Umar menyampaikan pengalamannya sebelum ini. Dia menangis karena lupa sedang berpuasa dan meminum air mineral yang diberikan Umi. Ketika airnyanya terminum, Umar dan Umi kaget dan sama-sama mengatakan bahwa saat itu Umar puasa.

Umar menangis terisak-isak karena baginya minum air tidak sengaja membatalkan puasanya dan dia sangat marah sama Umi yang memintanya minum. Umi hanya bisa menjelaskan, apabila kita tidak sengaja makan atau minum saat puasa maka Allah SWT akan memaafkan hamba-Nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x