Mohon tunggu...
Vera Syukriana
Vera Syukriana Mohon Tunggu... guru

meyakini dan mensyukuri adalah awal kesuksesan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran "Kata Tanya"

23 Februari 2021   21:50 Diperbarui: 24 Februari 2021   05:12 332 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran "Kata Tanya"
dopri/Pembelajaran Menyenangkan

oleh : Vera Syukriana,S.Pd.

Anak jaman now tidak bisa belajar dengan satu metode. Mereka membutuhkan pembelajaran yang bervariasi. Mereka lebih cepat bosan. Masa konsentrasinya dalam belajar hanya 15 menit. Apabila kita guru hanya memakai metode yang monoton, maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai.

Apalagi mengajar kelas rendah. Mereka lebih senang belajar sambil bermain. Melalui pembelajaran luar kelas mereka lebih menikmati dan memahami. Setiap langkah pembelajaran akan lebih bermakna dengan belajar sambil bermain.

Begitu juga dengan kelas tinggi. Meskipun sudah besar, mereka juga butuh pembelajaran yang membuat minat belajar mereka bertambah. Semakin tinggi tingkat kelas maka materi yang dipelajari semakin dalam. Mereka harus lebih banyak membaca, memahami, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan pembelajaran yang mereka ikuti harus lebih bervariasi. Guru yang mengajar di kelas tinggi khususnya tingkat Sekolah Dasar (SD) harus lebih memahami metode pembelajaran. Guru hendaknya lebih jeli dalam menentukan tingkat kesulitan materi. Dan pendidik juga harus tau minat belajar peserta didik.

Saat kita guru mengetahui minat belajar peserta didik menurun, maka kita harus ganti metode dan mencari cara supaya minat belajarnya bertambah. Seorang pendidik juga harus mampu mengembalikan semangat belajar peserta didik. Suasana yang membosankan harus dihidupkan kembali oleh guru. Misalnya, dengan mengajak peserta didik bercerita, bercanda, dan bernyanyi.

Belajar sambil bernyanyi sangat menyenangkan. Akan tetapi, tidak hanya asal bernyanyi. Alangkah lebih baiknya belajar sambil bernyanyi dengan menciptakan lirik nyanyi yang berhubungan dengan materi pembelajaran yang kita ajarkan.

Seperti pembelajaran materi penggunaan kata tanya. Masih banyak peserta didik yang kurang paham penggunaan kata tanya. Mereka tidak bisa membuat kalimat tanya. Kalau mereka tidak bisa menggunakan kata tanya, artinya mereka juga tidak bisa menjawab kalimat tanya dengan tepat.

Sedangkan soal-soal yang muncul sangat erat kaitannya dengan kata tanya. Tidak hanya mata pelajaran
Bahasa Indonesia, mata pelajaran lain pun juga menggunakan kata tanya pada setiap soal. Baik soal latihan, penilaian harian, dan soal ujian. Jadi, materi ini sangat penting dan harus tuntas untuk setiap peserta didik.

Cara mudah agar mereka memahami materi, yaitu dengan menjelaskan terlebih dahulu penggunaan kata tanya. Peserta didik harus mengetahui fungsi dari kata tanya. Kata tanya berfungsi sebagai kata yang menanyakan cara atau proses sebuah peristiwa berlangsung, serta untuk menanyakan keadaan atau kejelasan satu hal. Kejelasan atau keadaan suatu hal, serta cara atau proses suatu peristiwa berlangsung adalah jawaban atas kata tanya.

Ada beberapa jenis kata tanya, di antaranya :
1. Kata tanya "Siapa"
2. Kata tanya "Bagaimana"
3. Kata tanya "Apa"
4. Kata tanya "(Di, Ke, Dari) Mana"
5. Kata tanya "Mengapa"
6. Kata tanya "Kapan"
7. Kata tanya "Berapa"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x