Mohon tunggu...
Vera Shinta
Vera Shinta Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer Brebes Community' (KBC)

Menulis adalah pelarian emosi paling sexy

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Obati Batuk Berdahak dengan Panegoang

23 Juni 2021   08:32 Diperbarui: 23 Juni 2021   09:21 480
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Panegoang/pegagan (dokpri)

Panegoang adalah tumbuhan liar biasanya dipinggiran sungai atau ladang yang tumbuh bersama rumput liar lainnya. Panegoang disebut juga pegagan atau antana, dalam bahasa latin disebutnya Centella Asiatica.

Tanaman ini memang tumbuh di negara asia seperti Indonesia, Cina dan Jepang. Sekarang tanaman ini sudah mulai diperjualbelikan untuk pengobatan.

Panegoang/pegagan/antana ini memang bisa mengobati batuk yang membandel. Batul memang salah satu penyakit yang butuh waktu lama penyembuhannya, selain suaranya yang sangat mengganggu juga membuat tidak nyaman penderita.

Pegagan (dok.vera shinta)
Pegagan (dok.vera shinta)

Selain kita harus memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan batuk, bisa kita bantu juga dengan pengobatan herbal. Salah satunya adalah memanfaatkan tanaman panegoang.

Ramuan herbal penyembuh batuk terdiri dari 7 lembar daun panegoang, satu ruas jari kencur dan satu sendok teh madu. Cuci panegoang hingga bersih, daun beserta tangkai serta akarnya. Cuci pula kencur dan kupas kulitnya, lalu panegoang dan kencur ditumbuk halus pada tempat yang bersih. 

Setelah halus tempatkan diwadah kecil dan beri sedikit air matang. Peras dan saring paling didapatkan satu sendok makan hasilnya, tambahkan madu lalu diminum.

Pegagan dan kencur (dok.vera shinta)
Pegagan dan kencur (dok.vera shinta)

Dalam waktu sehari tenggorokan lebih ringan, batuk berkurang dan dahak mudah keluar yang membuat batuk membaik. Kalau dirasa kurang maksimal bisa diulang esok hati, sehari cukup meminum 1 kali ramuan.

Semoga bermanfaat buat yang lagi tersiksa karena batuk dan jangan lupa perbanyak istirahat serta minum air putih hangat.

Vera Shinta

KBC 26 Kombes Brebes

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun