Mohon tunggu...
Vera Shinta
Vera Shinta Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community' (KBC)

Menulis adalah pelarian emosi paling sexy

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Gecok Ayam Makanan Khas Kecamatan Tonjong, Brebes

10 Juni 2021   13:26 Diperbarui: 10 Juni 2021   13:44 72 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gecok Ayam Makanan Khas Kecamatan Tonjong, Brebes
Gecok ayam kampung (dok. Vera shinta)

Ayam menjadi salah satu makanan termudah yang bisa diolah dengan beragam rasa, karena memang mudah didapat dan dari anak-anak hingga lanjut usia suka sama makanan satu ini. Biasanya ayam dimasak opor, di goreng, bumbui tepung, woku-woku atau olahan khas lain di pelosok nusantara.

Kali ini saya akan memperkenalkan Ayam Gecok, makanan khas dulu kala dari dusun Balapusuh, Desa Tanggeran, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes. Gecok ayam biasanya menggunakan ayam kampung, bukan ayam boiler karena aromanya lebih sedap.

Nikmati gecok ayam dengan nasi hangat (dok. Vera shinta)
Nikmati gecok ayam dengan nasi hangat (dok. Vera shinta)

Untuk bumbu-bumbunya cukup sederhana hampir seperti opor tapi lebih sederhana. Uniknya lagi menurut mitos ayam gecok ini lebih sedap rasanya bila yang memasak kaum pria.

Bahannya ayam kampung, bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, terasi, jahe dan kelapa untuk santannya. Semua bahan tadi harus dibakar dulu sebelum diolah, lebih nikmat kalau membakarnya diatas tungku kayu (pawon).

Ayam yang sudah dipotong-potong dibakar hingga kehitaman, semua bumbu juga dibakar, kelapa yang belum diparut dibakar juga. Baru kemudian bumbu dihaluskan dan kelapa diparut.

Setelah itu masak seperti membuat opor ayam, bedanya tidak pakai kunyit dan rasa ayam gecok ini pedas cabe campur jahe yang kuat. Cocok dinikmati dengan segelas teh manis yang kental.

Kalau penasaran rasanya bisa dicoba di rumah, siap-siap saja dapur berasap bakaran tapi hasil super nikmat.

Selamat mencoba

Vera Shinta KBC 26

Kombes Brebes

VIDEO PILIHAN