Mohon tunggu...
Vera Shinta
Vera Shinta Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community' (KBC)

Menulis adalah pelarian emosi paling sexy

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Merawat Tanaman Krokot Sangat Mudah

29 November 2020   21:17 Diperbarui: 29 November 2020   21:39 45 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merawat Tanaman Krokot Sangat Mudah
Krokot bunga lebar / dok.verashinta

Masih membahas tentang bunga krokot, salah satu tanaman kesukaan karena mudah perawatannya dan cantik bunganya. Satu lagi yang bikin krokot makin di hati yaitu karena harganya cocok sama kantong, paling satu polibag seharga 5 ribu sampai 15 ribu dan bisa cepat banyak kalau rajin menyeteknya. 

Krokot memang mudah sekali diperbanyak dengan stek, kalau bahasa saya di "puthes" alias dipotong batangnya untuk di tanam kembali. Cara menumbuhkan akarnya bisa dilihat di artikel sebelumnya ya, jadi nanti krokotnya cepat berbunga karena akarnya banyak. 

Krokot tumpuk / dok.verashinta
Krokot tumpuk / dok.verashinta

Selain memperbanyaknya mudah, krokot perawatannya juga murah serta gampil gampil gampiiilll alias gampang sekali. Yang penting kuncinya harus telaten, ini berlaku bagi semua jenis tanaman kalau mau tumbuh subur seperti yang diinginkan. 

Dulu krokot peliharaan tumbuh apa adanya, ada yang kurus dan ada yang tumbuh biasa saja, berbunga juga tidak setiap waktu. Suatu malam tanpa sengaja sehabis acara bakaran ikan di teras rumah air bekas cucian ikan saya siram ke salah satu pot berisi krokot. Esoknya pot ini memang dihinggapi banyak lalat, tapi seminggu kemudian tanaman krokot gemuk-gemuk dan banyak bunganya. 

Berbagai macam warna bunga krokot / dok.verashinta
Berbagai macam warna bunga krokot / dok.verashinta

Dari pengalaman tersebut maka sekarang saya jadi tahu cara merawat krokot agar subur, yaitu dengan menyiramnya secara rutin menggunakan air bekas cucian beras, ayam, ikan ataupun daging. Jadi kalau lagi di dapur jangan lupa air-air cucian itu dikumpulkan dalam satu wadah tertutup, makin bau dan makin lama penyimpanan maka khasiat penyuburannya makin bagus. 

Mulai sekarang jangan lupa menyimpan air bekas cucian itu ya, kumpulkan, siram dan tunggu hasilnya. Kuat-kuatin sama baunya karena untuk terlihat cantik memang butuh proses yang tidak mudah hehe. 

Selamat berkebun 

Vera Shinta KBC-26 

KomBes Brebes Jateng 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x