Mohon tunggu...
Vera Shinta
Vera Shinta Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community' (KBC)

Menulis adalah pelarian emosi paling sexy

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Wisata ke "Kandang Kebo" Banyumas

29 November 2020   18:14 Diperbarui: 29 November 2020   18:17 48 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wisata ke "Kandang Kebo" Banyumas
Kandang kebo Kang Nassirun Purwokartun / dok.verashinta

Obyek wisata sekarang makin banyak dimanapun juga, terutama wisata alam yang menyuguhkan kecantikan panorama dan berbagai spot photo menarik. Di Desa Mandirancan Kabupaten Banyumas ada sebuah rumah yang asyik juga jadi tempat wisata karena bisa sambil melihat sejarah didalamnya. 

Nassirun Purwokartun pemilik rumah ini adalah seorang kartunis yang goresannya sudah banyak di buat, hingga akhirnya membuat buku juga berjudul Penangsang sebanyak 6 Episode. B

uku yang dibuat hasil penelitiannya di tempat-tempat bersejarah dan mengorek kisah dari para juru kunci dan warga sepuh yang paham cerita tersebut lalu dikemas dalam novel menarik. 

Aneka buku jadul di Kandang Kebo / dokverashinta
Aneka buku jadul di Kandang Kebo / dokverashinta
Sebuah bangun tembok besar menjadi rumah utamanya, tempat tinggal keluarga dan aktivitas sehari-hari. Di depan rumah ada 2 rumah papan kecil yang dinamakan "kandang kebo". 

Di sini tersedia meja asli dari potongan kayu yang panjang dengan kursinya, lesung dan alu menjadi hiasan. Selain itu beberapa lukisan tertempel di dinding-dindingnya., Cocok untuk bercengkerama sambil menikmati nasi pecel dan mendoan.  

Bale Pustaka berisi aneka barang kuno / dok.verashinta
Bale Pustaka berisi aneka barang kuno / dok.verashinta
Menyusuri samping rumah yang asri melewati jalan batu tertata rapi, di teras ada susunan buku-buku lama yang usang namun terjaga bisa di baca. Deretan "padasan" (tempat wudhu ada di sebelah jalan menuju "Griya Wijaya", sebuah ruangan tinggi dari papan yang berisi aneka barang. 

Melangkah lagi ke belakang akan menaiki tangga dan sampai pada bangunan kayu yang besar bernama "Bale Pustaka", didalamnya banyak berisi barang kuno. Ada gambar-gambar mainan jaman dulu, sisir, buku-buku dan berbagai macam kenangan masa lampau tersusun di sini.  

Tempat wudhu dengan hiasan pompa jadul / dok.verashinta
Tempat wudhu dengan hiasan pompa jadul / dok.verashinta
Wisata ke Kandang Kebo bisa menjadi salah satu pilihan mengajak anak-anak mengenal sejarah dan masa silam, bila beruntung bisa ngobrol langsung sama Sang Kartunis dengan santai. Semoga sejarah akan terus terpelihara ditangan anak-anak muda. 

Vera Shinta KBC-26 

Kombes Brebes

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x