Mohon tunggu...
Vera Shinta
Vera Shinta Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer Brebes Community' (KBC)

Menulis adalah pelarian emosi paling sexy

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Anggrek Juga Butuh Vitamin

8 September 2020   06:36 Diperbarui: 8 September 2020   06:38 508 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Anggrek Juga Butuh Vitamin
Anggrek bulan (dokpri)

Selamat pagi pecinta anggrek, senang rasanya kalau tanaman yang kita rawat akhirnya berbunga ya. Karena tak jarang tanaman anggrek khususnya mau berbunga walau bertahun-tahun kita rawat dengan baik menurut kita.

Merawat anggrek itu gampang-gampang susah, karena bunga cantik ini agak manja dan butuh perlakuan khusus dibanding tanaman lain. Tidak hanya cukup di siram dengan air biasa saja tapi juga dengan vitamin dan lainnya.

Dendrobium (dok.indah)
Dendrobium (dok.indah)

Berbagai jenis anggrek seperti vanda, phalaenopsis (anggrek bulan),  oncydium, cattleya (caty), dendrobium, anggrek tanah dan jenis lainnya sebenarnya butuh perlakuan yang sama. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan air cucian beras, semakin lama penyimpanan dan semakin bau maka semakin bagus pula untuk vitamin anggrek.

Aphilum (dok.mukti)
Aphilum (dok.mukti)

Siram setiap hari dengan teratur menggunakan air cucian beras tersebut agar anggrek mendapat nutrisi dari sari-sari yang bermanfaat. Selain itu beri juga vitamin B1, beli saja yang murah di apotik. Setiap 2 minggu sekali rendamlah akar anggrek pada ember yang telah diberi vitamin B1 yang sudah dihaluskan selama 2 jam atau lebih, dengan begitu nanti akan tumbuh akar-akar baru yang menandakan anggrek tersebut subur.

Kelabang, anggrek tanah (dokpri)
Kelabang, anggrek tanah (dokpri)

Bila kita tidak banyak waktu untuk menyempatkan menyiram maka bisa juga dengan memberi infus pada akar anggrek tersebut. Bisa dengan botol air mineral bekar yang digantungkan dekat tanaman anggrek lalu akarnya dimasukkan dalam botol tersebut sehingga bisa menyerap air dengan sendirinya.

Vanda (dok.indah)
Vanda (dok.indah)

Jangan lupa juga rawatlah tanaman dengan hati, ajak mereka komunikasi agar terjalin chemistry dan sangat ajaib bunga-bunga menjadi indah untuk kita. Selamat mencoba dan semoga taman anggrekmu memberi hadiah dengan warna warninya yang cantik.

KBC-26 Vera Shinta

KomBes Brebes Jateng

Mohon tunggu...
Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan