Mohon tunggu...
Vera Shinta
Vera Shinta Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah, Jurnalis Warga (JW) Paguyangan, Tim Program Seknas Fitra - KOMPAK, Pelaku seni - Dewan kesenian Brebes Selatan, KPMD Desa Pagiyangan

Kehidupan ini adalah tulisan yang terbaca dari tarian tingkah laku

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Sedapnya Sambal Cimongkak

20 April 2020   10:31 Diperbarui: 20 April 2020   10:33 24 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sedapnya Sambal Cimongkak
Dok.Susi

Selamat pagi Indonesia sehat

Masih di tengah pandemi Covid-19 marilah perbanyak berkegiatan di rumah yang bisa membuat badan sehat dan pikiran tenang sehingga menimbulkan kebahagiaan. Saat ini kita semua menyadari beta pentingnya hidup sehat, betapa berharganya kesehatan.

Salah satu kegiatan bermanfaat yaitu berkebun di rumah, menanam berbagai rempah dan sayuran yang mudah tumbuh di lahan terbatas. Kalau orang desa masih beruntung bisa mendapat banyak jenis sayuran di hutan ataupun kebun luas, kadang tanaman liar juga bisa dimanfaatkan asal tahu beracun atau tidak.

Pohon cimongkak | dokpri
Pohon cimongkak | dokpri

Salah satu jenis tanaman liar adalah cimongkak (solanum torvum), tanaman ini masih saudara sama terong makanya ada juga yang menyebut terong pipit (karena kecil-kecil). Buah cimongkak kecil hijau hampir mirip leunca, bedanya cimongkak lebih keras seperti terong gelatik (terong bulat).

Cimongkak biasanya ada yang di buat lalapan mentaj, tapi kali ini mau bikin sambal cimongkak. Cabe, bawang merah dan cimongkak di rebus dulu sebentar, lalu tambahkan kencur mentah dan terasi. Uleg sampai halus seperti menguleg sambal pada umumnya.

Sambal cimongkak | dok.susi
Sambal cimongkak | dok.susi

Nah sekarang sambal cimongkak siap dinikmati, rasanya sedap dan pasti beda dengan sambal lainnya. Coba saja cari cimongkak di pasar, enak loh. Selamat menikmati masa karantina #dirumahsaja sambil berinovasi dengan masakan lezat.

KBC-26 Brebes Jateng

Dok.KomBes
Dok.KomBes

VIDEO PILIHAN