Mohon tunggu...
Vera Shinta
Vera Shinta Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah, Jurnalis Warga (JW) Paguyangan, Tim Program Seknas Fitra - KOMPAK, Pelaku seni - Dewan kesenian Brebes Selatan, KPMD Desa Pagiyangan

Kehidupan ini adalah tulisan yang terbaca dari tarian tingkah laku

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Menikmati Soto dan Bakso Samiasih Purwokerto

21 Maret 2020   14:12 Diperbarui: 21 Maret 2020   14:11 68 9 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati Soto dan Bakso Samiasih Purwokerto
Soto Daging dan Bakso Samiasih (Dok. Pribadi)

Soto dan bakso adalah makanan yang banyak beredar di Indonesia, makanan ini sepertinya memang khas Indonesia. Terutama bakso yang dari sabang sampai merauke sepertinya ada, kalau soto hanya beberapa daerah saja yanh memiliki kekhasan. Seperti di pulau jawa soto itu bermacam rasa dan rupanya dari beberapa daerah.

Ada soto Seamarang dan Lamongan yang berkuah bening, kalau mau dimakan biasanya dikasih perasan jeruk nipis, kecap dan sambal ulegan cabe. Beberapa macam sate menjadi pelemgkapnya, sate telur puyuh, rempela hati ayam dan usus. Ada juga soto tauco Tegal, soto ini kuahnya terbuat dari tauco yaitu fermentasi kedelai yang rasanya agak asam.

Kali ini yang akan kita nikmati adalah soto dan bakso Samiasih yang berada di Purwokerto, warung ini selalu ramai pengunjung karena memang rasanya yang lezat dan porsinya jumbo. Hari Jumat warung isi selalu tutup, hari lain buka kecuali ada satu atau lain hal yang mengharuskan tutup. Disini tersedia banyak menu dari bakso, soto ayam, soto daginh, soto bakso dan soto daging spesial serta aneka minuman dan camilan.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Soto yang disediakan berupa soto Sokaraja, ciri khasnya adalah menggunakan sambal kacang. Soto terdiri dari ketupat, tauge, daun bawang, daging dan kuah yang segar dan tentu saja ada sambal kacang yang menyertainya. 

Jadi rupa soto ini menjadi lebih nikmat dan gurih, tidak bening seperti soto Semarang. Baksonya juga banyak isinya, dengan kuah yang segar menambah mantap rasanya. Ada camilan pelengkap seperti kerupuk dan kelanting, satu ini makanan kecil terbuat dari singkong yang dibentuk bulat-bulat dan gurih rasanya.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Samiasih sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, sekarang sudah ada 2 tempat yang buka karena jumlah pelanggan selalu bertambah. Harga di sini memang sesuai dengan porsinya yang jumbo, beda dengan harga di warung bakso dan soto lainnya. 

Banyak para perantauan kalau pulang kampung pasti datang ke warung ini, atau beberapa orang dari daetah sekitar juga sengaja maoan soto ataupun bakso disini karena sudah langganan.

KBC-26

VIDEO PILIHAN