Mohon tunggu...
Ekonomi

Trik Menyiapkan Pusat Distribusi Saat Peak Season

29 September 2016   11:01 Diperbarui: 29 September 2016   11:27 17 0 0 Mohon Tunggu...

Peak season, mendengar hal itu tentu kamu akan berpikir saat musim liburan, seperti di akhir taun atau saat libur lebaran. Ya tentu musim liburan pasti menyenangkan yah, terbayangkan bisa jalan-jalan sama keluarga atau-pun gebetan, haha. Tapi untuk beberapa pelaku distributor hal ini bisa menjadi sebuah disaster atau menjadi sebuah mimpi buruk. Kenapa? Ya pasti karena saat peak season itu perputaran barang akan sangat cepat karena terjadinya peningkatan volume penjualan dan permintaan barang, lalu gimana cara para pelaku distributor ini mengatasinya? yuk cek trik berikut

  1. Mulai  merencanakan lebih awal. Buat rencana dari sekarang. Mulailah untuk membayangkan apa yang nanti perlu disiapkan, setidaknya tiga sampai lima bulan sebelum peak season dimulai.  Fokus pada masalah utama;  seperti bagaimana proses pencatatan selama proses berlangsung, menganalisa dan membenahi area kerja yang paling sering bermasalah atau menjalankan rencana yang sudah dibuat di area baru / terpisah dengan harapan membuat proses distribusi bisa berjalan efisien.   
  2. Belajar dari masa lalu. Mereka meihat kembali dan menganalisa apa saja yang terjadi saat peak season sebelumnya. Memfokuskan pekerjaan pada area kerja pernah bermasalah dan memakan waktu yang lama, jadi bisa menyiapkan solusi agar tidak tersebut tidak terulang kembali. 
  3. Menyiapkan rencana B. Apapun bisa terjadi jadi punya rencana alternatif itu penting, seperti saat kita merencanakan liburan, harus ada rencana alternatif jika tempat yang kita kunjungi tutup atau sedang ramai. Jika memang diperlukan bisa outsource kepada pihak ke-3, kalau perusahaan Anda tidak siap.
  4. Melakukan Double check itu penting! Cek cek cek dan cek lagi. Ya mau tidak mau hal itu harus dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang sama.
  5. Lakukan perawatan asset secara teratur. Melakukan pengecekan dan perawatan aset lebih sering, agar nanti tidak terjadi masalah saat peak season dimulai.
  6. Support IT harus ada! Orang IT harus siap dan standby selama proses distribusi dan peak season berlangsung. Ini penting karena di keadaan tertentu seperti saat koneksi jaringan yang tidak bisa bekerja baik dan hal lain yang membutuhkan skill IT bisa saja terjadi dan tindakan cepat untuk menangani ini sangat dibutuhkan saat itu juga

VIDEO PILIHAN