Mohon tunggu...
Vera D Susanti
Vera D Susanti Mohon Tunggu... Dosen Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun

Mengajar di Universitas PGRI Madiun sejak 2011sampai sekarang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pelatihan "Zoom Cloud" sebagai Solusi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19

29 November 2020   09:31 Diperbarui: 29 November 2020   09:51 34 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelatihan "Zoom Cloud" sebagai Solusi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19
dok. pribadi

Pada tanggal 14 Oktber 2020 tepatnya pukul 09.00 telah berlangsung pelatihan pembelajaran berbasis Web dengan bantuan zoom cloud. Pelaksanaan pelatihan terlaksana atas kerjasama antara Universitas PGRI Madiun dengan SMA Kyai Ageng Basyariyah Sewulan Dagangan Madiun.

Pelatihan Zoom Cloud  ini diawali sambutan dari Bapak Ahmad Nuzul, S.Pd. selaku Kepala SMA Kya Ageng Basyariyah Madiun. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan berkenannya tim pelaksana pelatihan melaksanakan kegiatan pelatihan Zoom Cloud di sekolah yang beliau pimpin. 

Beliau juga menyampaikan harapan semoga kegiatan yang akan dilaksanakan nanti dapat berjalan dengan lancar dan dengan adanya pelatihan ini akan sangat bermanfaat bagi guru dalam proses pembelajaran jarak jauh pada masa pandemic Covid 19 ini. Sambutan selanjutnya dari pihak Universitas PGRI Madiun yag disampaikan oleh Bu Tri Andari, S.Pd.,M.Pd. 

Dalam sambutannya disampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama ini serta ucapan terima kasih atas kepercayaan pihak sekolah pada Universitas PGRI Madiun untuk memberikan pelatihan Zoom Cloud. Besar harapan bahwa kegiatan ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana pemanfaatan Zoom Cloud dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemic Covid 19 sehingga siswa dapat menerima materi dengan baik.

dok. pribadi
dok. pribadi
Kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi sekaligus praktik langsung yang dipandu oleh Bu Vera Dewi Susanti, S.Pd.,M.Pd. Dalam praktek peserta diawali dengan bagaimana login, cara share materi baik untuk persentasi maupun dalam chat, mengganti background, mengatur audio dan video dan mengenalkan berbagai fitur pada Zoom Cloud serta kegunaanya.

Setelah para peserta sudah memahami benar terkait mengoperasikan Zoom Cloud, dilanjutkan dengan praktik salah satu peserta pelatihan untuk menjadi host atau sebagai operator utama  dan yang lain berperan sebagai siswa. Hal ini dilakukan setelah pelatihan ini berakhir diharapkan semua peserta atau guru bisa memanfaatkan Zoom Cloud ini pada proses pembelajaran daring.

dok. pribadi
dok. pribadi
Berdasarkan respon peserta pelatihan, yang dalam hal ini adalah semua guru SMA Kyai Basyariyah memberikan respon positif. Respon tersebut ditunjukkan dengan mengikuti secara aktif kegiatan dari awal sampai akhir pelatihan. 

Respon positif dari pihak sekolah juga dilihat dari ketersediaan memberikan tempat berupa ruang computer yang sudah terhubung internet dan perlengkapan lainnya yang mendukunng kelancaran kegiatan pelatihan Zoom Cloud. Sehingga ini sangat membantu sekali dalam kelancaran pelatihan Zoom Cloud. Pelatihan ini sangat bermanfaat sekali, dikarenakan dalam masa pandemic covid 19, semua masyarakat dihimbau untuk stay at home. Sehingga semua aktivitas semua dilakukan dirumah baik bekerja, belajar dll.

VIDEO PILIHAN