Mohon tunggu...
Vera
Vera Mohon Tunggu... Mahasiswa - ganbatte kudasai!

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Ingin Menjadi Seorang Event Organizer yang Sukses? Inilah Beberapa Skill yang Harus Dimiliki!

6 Maret 2021   06:39 Diperbarui: 6 Maret 2021   06:42 1280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Guys apakah dari kalian ada yang tau Event Organizer itu apa? Atau kalian ingin menjadi seorang Event Organizer?

Event organizer atau penyelenggara acara adalah orang-orang yang mengorganisir jalannya sebuah acara dari awal hingga akhir acara, entah acara konser musik, pesta, pameran, launching produk, festival, pertunjukan, seminar, dan juga yang lainnya.

 Menjadi seorang Event Organizer, hal yang pertama dilakukan adalah berkonsultasi dengan klien terlebih dahulu untuk mengetahui keinginan, kebutuhan, dan juga permintaan khusus mereka untuk acara tersebut. Setelah itu, seorang Event Organizer akan mengonsep, merencanakan, menyusun strategi acara sesuai dengan permintaan klien tersebut. Selain itu, seorang Event Organizer memiliki tanggung jawab atas keberhasilan sebuah acara yang telah dikonsepnya.

Untuk lebih spesifiknya, inilah penjabaran tanggungjawab seorang Event Organizer :

1. Mengatur dan juga mengalokasikan budget dari seorang klien untuk acara yang mereka inginkan.

2. Menentukan dan memastikan ketersediaan basic tools/peralatan dan juga kebutuhan yang sudah dirancang pada konsep akan terpenuhi.

3. Memastikan lokasi kegiatan yang layak digunakan.

4. Mengelola staf atau sumber daya manusia yang akan berkontribusi sesuai dengan jobdesc masing-masing seperti promosi, administrasi, dekorasi, venue, konsumsi, operasional, keuangan, dan juga keamanan.

5. Memastikan akomodasi, transportasi, dan logistik panitia dan pengunjung terpenuhi.

6. Memastikan acara berjalan dengan baik sesuai dengan rencana dan konsep yang telah ditentukan. Apabila pada saat hari H terdapat kendala, seorang Event Organizer harus bersiap menghadapinya dan harus menemukan problem solving atas masalah tersebut dikarenakan seorang Event Organizer menjadi penanggungjawab sehingga mereka harus sigap.

7. Mengevaluasi sebuah acara yang telah dilaksanakan guna untuk mengadakan acara yang lebih baik lagi.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun