Mohon tunggu...
Venti Nurul Yuliastutik
Venti Nurul Yuliastutik Mohon Tunggu... Guru - Guru

hobi membaca novel

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Kemampuan Membuat Kata dari Suku Kata Awal Melalui Permainan Roda Putar

9 Desember 2022   20:07 Diperbarui: 9 Desember 2022   20:19 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT KATA DARI SUKU KATA AWAL MENGGUNAKAN MEDIA RODA PUTAR DAN KARTU BERGAMBAR

By : Venti Nurul Yuliastutik

Menurut UU no 20 tahun 2003 Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani  dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Dalam perkembangannya , anak usia dini dibagi dalam enam aspek perkembangan. Diantaranya perkembangan nilai agama dan moral, perkembangan sosial emosional, perkembangan fisik motorik, perkembangan bahasa, perkembangan kognitif dan perkembangan seni.

Dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak terutama untuk anak usia 5-6 tahun bisa dilakukan dengan cara yang inovatif dan variatif. Diantaranya menggunakan media roda putar dan kartu bergambar. Menurut Menurut Dhieni dalam Sri Suyamti [3] media roda pintar merupakan salah satu media untuk memahami kata-kata yang diucapkan dan roda pintar juga sebagai alat untuk mempersiapkan dasar untuk membangun kemampuan membaca, mengekspresikan, serta kosa kata. Dalam penerapannya media roda putar menjadi kombinasi yang sempurna dengan kartu bergambar. 

Menurut Gagne  (dalam Hengelina dan Meha 2017 : 1)  Kartu kata bergambar (flash card) dipahami  sebagai  media  dalam  pengajaran,  dimana  melalui  simulasi  dari  inti  pengajaran disampaikan  baik  secara  deskriptif  atau  demonstratif,  yang  tentunya  ini  menandakan  pada fungsinya sebagai penyampai pesan.

Penggunaan media roda putar dan kartu bergambar sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan anak dalam pengenalan suku kata. Anak tidak akan merasa sedang belajar melainkan mereka akan merasa sedang bermain. Dalam penerapan roda putar ini bisa dilakukan dengan permainan yang mampu merangsang kemampuan motorik dan kemampuan bahasa anak. Anak akan lebih mudah membuat kata dari suku kata dengan permainan ini. Hal ini menjadi salah satu alternatif pendidik dalam meningkatkan kemampuan anak dalam membuat kata dari suku kata awal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun