Mohon tunggu...
Azhar Amar Rafii
Azhar Amar Rafii Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Pariwisata UGM angkatan 2019

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pantai Siung, Pantai Sekaligus Tempat Panjat Tebing

21 Maret 2020   16:40 Diperbarui: 21 Maret 2020   16:49 102 6 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pantai Siung, Pantai Sekaligus Tempat Panjat Tebing
Sumber: iyutdmk.files.wordpress.com

Yogyakarta, provinsi dengan wisata pantai yang tidak jarang orang mengetahuinya. Letak wisata pantai-pantai Yogyakarta yaitu berada di bagian selatan seperti Gunung Kidul, Bantul, dan Kulon Progo. Namun, atraksi wisata pantai yang terkenal di Yogyakarta sendiri yaitu pantai yang berada di daerah Gunung Kidul.

Daerah Gunung Kidul yang masih asri dan dengan memiliki banyak surga wisata tersebar di daerah Gunung Kidul adalah salah satu alasan mengapa pariwisata di Gunung Kidul menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar di Yogyakarta.

Gunung Kidul memiliki banyak pantai indah yang mengelilinginya, salah satunya adalah Pantai Siung. lokasinya berada di Desa Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, 60 km dari pusat kota Yogyakarta.

Pengunjung yang berwisata dapat menikmati keindahan pantai yang mempesona. Namun,  Pantai Siung juga menawarkan tempat yang diperuntukkan untuk kegiatan panjat tebing. Terdapat banyak jalur panjat tebing yang tersebar di daerah Pantai Siung hingga puluhan jalur dengan berbagai tingkat kesulitan yang berbeda.

Sumber: Gambar dari galeri pribadi
Sumber: Gambar dari galeri pribadi
Banyak dari komunitas pecinta alam atau penggiat olahraga panjat tebing yang mengunjungi pantai tersebut demi menaklukkan jalur yang tersedia di Pantai Siung. Terutama pada libur akhir pekan akan semakin ramai dengan banyaknya pengunjung yang datang untuk melakukan olahraga panjat tebing tersebut.

Tebing yang menjadi jalur panjat tebing berada di sisi barat pantai dan tersebar di 11 blok yang berbeda. Setaip blok memiliki spot climbing yang bervariasi lebih dari satu. Wujud dari jalur panjat tebing tersebut adalah batu karang yang besar menjulang tinggi.

Bagi para komunitas pecinta alam atau penggiat olahraga panjat tebing, Pantai Siung akan tetap menjadi ketertarikan tersendiri dengan jalur panjat tebing yang banyak dan bervariasi. Di samping itu, pengunjung juga dapat melihat segerombolan monyet yang hidup di sekitar pantai dan biasanya akan muncul pada siang hingga sore hari.

Aksesibilitas menuju Pantai Siung sangatlah mudah karena jalan raya sudah diaspal dan rambu-rambu penunjuk arah juga jelas. Perjalanan yang lama dari pusat kota mungkin sebuah tantangan, tetapi itu bukanlah sesuatu yang harus diratapi untuk mencapai tujuan karena setelah sampai ke Pantai Siung semua rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan Pantai Siung dan sarana lain yang ditawarkannya

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x