Mohon tunggu...
Ajie Marzuki Adnan
Ajie Marzuki Adnan Mohon Tunggu...

Manusia biasa, suka tidur, suka browsing internet, suka baca komik Doraemon juga. Getting older but still a youth!

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Mengungkap Modus Pamer di Jagad Sosial Media

16 Oktober 2016   11:01 Diperbarui: 16 Oktober 2016   11:11 993 7 1 Mohon Tunggu...

Sosmed berkembang, orang-orang pamer biasanya dengan cerita atau barang yang mereka pakai (by chat and by stuffs). Mulai dari cerita dia pernah ke luar negeri, cerita dia lulus dari kampus X, cerita ini itu dan sebagainya. Untuk barang bisa macam-macam: mulai dari sepatu bermerek hingga mobil mewah. Cara pamer klasik seperti ini memang masih dilakukan seperti ini, namun seiring dengan perkembangan dunia maya, Sosial media khususnya, manusia semakin kreatif untuk menggunakan metode-metode baru demi bisa memamerkan dirinya. Berikut adalah modus-modus yang umum digunakan baik oleh penulis sendiri atau orang-orang yang banyak penulis temui di Sosmed.

1. Pamer Dengan Foto.

Ini adalah cara pamer yang cukup mainstream di Facebook, mengingat facebook cukup baik dalam fitur fotonya. Pamer dengan foto ini punya berbagai jenis:

A. Pamer foto di suatu Hotspot.

Biasanya pamer saat dia berada di suatu tempat yang cukup bergengsi, ex: Luar negeri atau daerah wisata tertentu dalam negeri yang "not affordable by everyone" (Tidak semua orang bisa membayarnya) seperti di Bali, dalam Caffee Star*****, atau di tempat-tempat eksklusif lainnya. Sepengetahuan dan sepengalaman penulis, sangat jarang ada orang yang memamerkan foto saat mereka makan dirumah atau di warung-warung makan kecil-kecilan.

B. Pamer foto barang yang digunakan.

Pamer ini memanfaat barang yang dimilikinya (tidak perduli dibeli oleh orang tuanya atau miliknya sendiri atau bahkan hanya meminjam milik orang lain). Barang yang di"manfaatkan" kebanyakan adalah gadget (Handphone, tablet, dll), mobil atau kamera SLR.

C. Pamer foto transkrip skor/nilai/prestasi/penghargaan dll.

Entah bangga atau hanya ingin pamer (atau mungkin kombinasi keduanya), ada beberapa orang yang hobi memamerkan foto barang hasil kecerdasannya seperti transkrip nilai/skor, penghargaan, piagam, atau bahkan judul skripsi/tesisnya. Mungkin orang semacamnya ini ingin mengaskan kepada orang lain (setidaknya kawan-kawannya) bahwa dia berbeda dan lebih cerdas ketimbang orang lain.

D. Pamer foto dengan orang terkenal.

Pamer ini sebenarnya jarang penulis lihat di sosmed, namun memang ada orang yang seperti ini. Orang-orang tipe ini suka memerkan fotonya saat bersama orang-orang terkenal macam artis atau politikus yang sedang nge-hit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x