Mohon tunggu...
Vence Marines
Vence Marines Mohon Tunggu... wiraswasta -

Learning at the university of life Bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa hanya pembelajar di dunia dualitas

Selanjutnya

Tutup

Money

Memberikan Pelayanan Kepada Konsumen

27 Agustus 2011   20:25 Diperbarui: 26 Juni 2015   02:25 1823
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Cepat atau lambat konsumen akan membeli produk dari Anda, yang menjadi permasalahan banyak salesman yang sudah menjual produknya kepada konsumen tetapi setelah itu membiarkan begitu saja tanpa memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan. Pada umumnya salesman membuat keputusan itu setelah produk diterima dan digunakan oleh konsumen. Banyak salesman yang tidak melakukan apa yang menjadi salah satu interaksi dalam memberikan pelayanan yang baik dengan memastikan bahwa konsumen telah puas.

Di dalam psikologi penjualan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen dapat membantu salesman meningkatkan rasa percaya diri. Tetapi tidak banyak salesman yang tahu bahwa dengan memberikan pelayanan yang baik selain dapat meningkatkan rasa percaya diri juga dapat menciptakan hubungan baik yang pada akhirnya dapat membantu salesman dalam meningkatkan penjualan.

Adapun layanan yang dapat diberikan oleh salesman kepada konsumen sebagai berikut:

a. Layanan prosedural yaitu pelayanan yang diberikan oleh salesman kepada konsumen yang mencakup prosedur bagaimana malakukan segala sesuatu yang baik kepada konsumen.

b. Layanan personal yaitu layanan yang diberikan salesman kepada konsumen di mana layanan ini bersifat hangat dan sering tidak rasional dan tentunya tidak dapat diprediksikan serta ini merupakan sisi layanan yang manusiawi. Layanan ini pada umunya bersifat interpersonal yang meliputi pola-pola sikap, perilaku dan keterampilan verbal yang ada dalam setiap interaksi layanan personal.

Memberikan pelayanan kepada konsumen ini dapat menambah nilai produk kita yang dirasakan dan akan mendorong para konsumen untuk kembali kepada Anda di saat mereka perlu untuk menggantikannya ataupun di saat mereka memerlukan produk lain dalam jangkauan kita.

Dunia mungkin melihat Anda hanyalah seseorang,

tapi berusahalah agar seseorang melihat Anda sebagai dunianya

Terima kasih

Salam mantap

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun