Mohon tunggu...
Ni Nyoman Vena Riana Dewi
Ni Nyoman Vena Riana Dewi Mohon Tunggu... Freelancer - Blogger

Currently studying Communication Science. Food and beauty enthusiast. Interested in Journalism. :) Email: venariana.dewi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Ini Dia Tantangan Jurnalis di Masa Depan

3 Maret 2021   22:10 Diperbarui: 3 Maret 2021   22:17 244 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ini Dia Tantangan Jurnalis di Masa Depan
Sumber: The Conversation

Teknologi semakin berkembang. Jurnalis perlahan digantikan oleh teknologi robot. Masyarakat mulai menjadi jurnalis 'dadakan'. Lantas, bagaimana nasib para jurnalis di masa depan?

Fenomena Jurnalisme Robot

Jurnalisme robot yang menggunakan robot artificial intelligence (AI) dianggap memudahkan kinerja para jurnalis. Bagaimana tidak? Berkat bantuan jurnalisme robot, banyak berita diproduksi dengan cepat dan efisien. Hal ini tentu menggantikan kinerja jurnalis tradisional sehingga berita pun dapat diproduksi pada saat itu juga. 

Sumber: Telset Id
Sumber: Telset Id

Apakah jurnalis manusia akan digantikan dengan jurnalis robot? Bisa saja, jika para jurnalis tidak berhati-hati dalam menghadapi kemajuan AI. Untuk dapat bersaing dengan jurnalis robot, tentu para jurnalis harus familiar dan dapat bersaing dengan mencari cara baru untuk menyampaikan berita.

Fenomen Citizen Journalism

Di masa saat ini, semua orang dapat menerima dan memproduksi berita dengan sendirinya. Sudah banyak penulis lepas atau biasa disebut citizen journalism. Mereka dapat memproduksi informasi yang mereka dapatkan secara mandiri, dan diunggah melalui portal media online seperti Kompasiana, blogspot atau dalam bentuk video melalui Youtube. 

Sumber: Digital Rights Watch
Sumber: Digital Rights Watch

Dikutip dari Bighow dalam Citizen Journalism Basics, dikatakan terdapat lima prinsip dasar dari jurnalisme warga, yaitu:

1. Akurasi sebuah berita. Berita yang ditulis harus memiliki ketepatan dalam isinya, bukan hanya berdasarkan opini yang tidak didasari fakta.

2. Kecermatan atau ketelitian dalam sebuah berita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan