Mohon tunggu...
Venansius Priade Christian
Venansius Priade Christian Mohon Tunggu... An indie writer

Buku : Do More to Gain More V E P C H "A small step to gain profit without exploiting any primary resources, such as society and environment"

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

7 Kebiasaan Baik

8 Mei 2019   15:17 Diperbarui: 8 Mei 2019   16:02 0 1 1 Mohon Tunggu...
7 Kebiasaan Baik
dokpri

Pikiran akan membentuk Tindakan, Tindakan akan membentuk Kebiasaan, Kebiasaan akan membentuk Watak, pada akhirnya Watak akan membentuk Karakter, dan Karakter akan menentukan masamu dalam satu bidang bahkan berbagai bidang kehidupan, seperti: hubungan pekerjaan, personal, keluarga, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana menciptakan sebuah pola teratur untuk mencapai kehidupan yang baik?

Kehidupan yang baik berarti memiliki batasan-batasan untuk suatu hal, bukannya kebebasan yang mengekang dalam zona nyaman. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam upaya mencapai kehidupan yang baik.

1. Mencari teman yang positif

Lah, kok teman harus pilih-pilih? Memperhatikan kesetaraan adalah sebuah keharusan, menghormati setiap hak manusia juga sangat dianjurkan dengan tidak mengkotak-kotakkan teman, ya semuanya sangat tepat. Tapi, bagaimana jika tindakan dan kebiasaan dari teman tersebut negatif? Dalam artian mengarahkan gaya kekinian yang tidak sesuai dengan kemampuan kita? Menggunakan berbagai obat terlarang, dan memilih pergaulan yang sama sekali tidak menghargai privasi diri? Ya, sangat penting untuk mencari, melihat teman dan komunitas yang positif untuk mengembangkan kualitas diri.

2. Tantang dirimu untuk berpikir

Jangan biarkan dirimu tetap dalam pola pikiran lama yang bisa menjatuhkan kearah yang tidak baik. Misalnya saat kamu barang yang kamu anggap mahal sekarang, tantanglah dirimu untuk berpikir bagaimana memperoleh penghasilan yang lebih baik dengan berinovasi dan mengimpelentasikannya dalam bentuk nyata. Jangan biarkan pikiranmu tetap pada keadaan sebelumnya, dimana menghabiskan waktu untuk berpikir tentang hal-hal yang kurang bermanfaat.

3. Mengkonsumsi media-media positif

Sekarang sangat banyak media yang menawarkan kemudahan, menawarkan filter untuk suka dan komentar, membangun pemikiran bahwa hidup adalah tentang menang dan kalah. Konsumsilah media-media yang dapat membuatmu berkembang kearah yang lebih baik, cerdaslah dalam bermedia, jangan terlalu mudah untuk percaya akan apa yang tersebar di media. Manfaatkan media sekarang untuk belajar, menambah wawasan, dan maju kedepan, bukan berbaring dengan kemalasan setelah mengkonsumsinya.

4. Relawan

Biasakan dirimu terlibat dalam kegiatan kemanusiaan yang membutuhkan relawan. Karena dengan mengikuti kegiatan tersebut, pengalaman dan kebahagian akan menghampiri harimu. Jangan tanamkan idealisme bahwa hidup adalah tentang diri sendiri, berpikir terbuka adalah solusi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x