Mohon tunggu...
Vemi Nabila Wibisono
Vemi Nabila Wibisono Mohon Tunggu... Mahasiswi Sosiologi Universitas Negeri Jakarta

Pecinta makanan yang memiliki kandungan Mono Sodium Glutamat.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Konstruksi Meme dan Gerakan Pemuda di Media Sosial

1 Mei 2020   23:53 Diperbarui: 2 Mei 2020   01:00 64 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Konstruksi Meme dan Gerakan Pemuda di Media Sosial
sumber: 9gag.com/meme

Baru-baru ini kita melihat media sedang dihebohkan oleh sebuah berita yang berasal dari Korea Utara, yang merupakan sebuah negara dengan sistem yang sejak awal sangat tertutup dengan dunia global, yang akhirnya membuat kita berkesimpulan jika terdapat berita yang memberitakan negara tersebut bersama dengan kondisi didalamnya, maka hal tersebut suatu hal yang sangat menarik. 

Hal ini berkaitan dengan sebuah berita yang cukup mengagetkan warganet, yang menampilkan supreme leader Korea Utara, Kim Jong Un sebagai perbincangan utama dalam berita tersebut. Kali ini bukan berita mengenai ancaman nuklir atau pertikaian negara ini terhadap negara lainnya, namun mengenai tokoh itu sendiri.

Penulis ingat betul, pada jam 10 malam penulis membuka laman twitter dan mendapati kabar bahwa Kim Jong Un telah "meninggal". Namun kabar tersebut awalnya tidak penulis dapatkan melalui berita yang resmi dikeluarkan oleh media Korea Utara, melainkan melalui "meme" yang diciptakan oleh beberapa orang . 

Kurang lebih meme tersebut menggambarkan siapakah penerus Kim Jong Un jika ia benar-benar meninggal, lalu diikuti dengan gambaran adik perempuannya sendiri yang bernama Kim Yo Jong yang merupakan satu-satunya keluarga Kim Jong Un yang dapat meneruskan tahtanya.

Pengemasan meme tersebut tidak seperti layaknya berita yang menggambarkan sosok Kim Yo Jong yang dapat lebih diktaktor dari pada kakaknya, justru meme tersebut  mengemas sosok Kim Yo Jong sebagai seorang adik perempuan yang sangat manis dengan membandingkan dua gambar yaitu gambar pertama Kim Yo Jong sedang memakan roti sambil berlari, kedua yaitu gambar dari beberapa anime yang menggambarkan seorang tokoh perempuan sedang berlari sambil memakan roti dengan caption "Kim Jong Un's sister is waifuable, change my mind" istilah waifuable disini merujuk pada artian bahwa Kim Yo Jong adalah sosok adik yang cocok sebagai istri. 

Fenomena meme sendiri begitu erat kaitannya dengan pemuda. Dimana umumnya meme seringkali menjadi ladang kebahagiaan bagi para pemuda, sisi humor yang juga mengandung sarkas dan satire tersebut menjadi salah satu sisi yang paling mereka cari dalam mengonsumsi meme. 

Namun tidak hanya sebatas itu saja, meme juga dapat menjadi sarana bagi pemuda untuk menyuarakan buah pemikiran serta kritiknya secara luas kepada masyarakat hingga akhirnya buah pikiran tersebut dapat menjelma menjadi sebuah gerakan, yang diinisiasi oleh pemuda itu sendiri.

 

Meme sebagai Konstruksi Gagasan

Dalam praktiknya, meme seringkali kita temukan sebagai suatu konten yang menggambarkan ide maupun gagasan dari seseorang yang tidak tertuang melalui ucapan maupun tulisan (secara terpisah) melainkan melalui gabungan antara gambar dengan tulisan yang kemudian dikemas dengan bumbu humor dan satire. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN