Mohon tunggu...
Lovely Christi Zega
Lovely Christi Zega Mohon Tunggu... Psikolog -

Untuk informasi terkini, terlengkap, dan terpercaya hubungi ketok magic kenalan terbaik anda.... - Pemilik majalah online a-and-o.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Seperti ini Bentuk Surat Keterangan Berkelakuan Baik di Jerman

29 Januari 2018   04:50 Diperbarui: 30 Januari 2018   04:07 1800
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kuitansi bukti pembayaran SKBB - dok. pribadi

Sama seperti di Indonesia, Jerman juga memiliki surat keterangan berkelakuan baik. Di Jerman, surat ini bernama Fuehrungszeugnis. Di Indonesia, surat keterangan berkelakuan baik biasanya dikeluarkan oleh Kepolisian. Selain itu, terdapat pula surat keterangan berkelakukan baik dari Sekolah atau dari Kepala Desa. Fuehrung yang berarti kelakuan dan Zeugnis yang berarti sertifikat ini hanya dikeluarkan oleh pihak Kepolisian Jerman.

Di Jerman, surat keterangan berkelakuan baik dapat diajukan mulai umur 14 tahun. Meski yang mengeluarkan surat ini adalah Departemen Hukum yang membawahi Kepolisian, namun pengajuan surat ini dilakukan di kantor pemerintahan daerah setempat. Selain di kantor pemerintah daerah, pengajuan surat ini juga dapat dilakukan melalui internet. 

Surat Keterangan Berkelakukan Baik di Jerman - dok. pribadi
Surat Keterangan Berkelakukan Baik di Jerman - dok. pribadi
Mengajukan surat ini prosesnya mudah, tinggal datang ke kantor pemerintahan daerah, menunjukkan kartu identitas, serta membayar biaya administrasi sebesar 13 atau sekitar 195 ribu rupiah. Dalam waktu 1-2 minggu, surat keterangan berkelakuan baik akan dikirim ke alamat tempat tinggal.

Dengan beberapa pengecualian, tidak semua warga negara wajib membayar biaya administrasi pembuatan SKBB. Pelajar, penerima tunjangan pengangguran, relawan, atau penerima bantuan sosial dari pemerintah dibebaskan dari kewajiban membayar biaya administrasi.

Tujuan diperlukannya surat ini ada berbagai macam, seperti misalnya untuk melamar pekerjaan atau melamar status kewarganegaraan. Ada 3 macam surat keterangan berkelakuan baik, sesuai dengan tujuan penggunaannya. Jenis pertama adalah SKBB biasa atau yang disebut juga einfaches (privates) Fhrungszeugnis. SKBB ini biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan. 

Meski demikian, SKBB ini tidak selalu diminta oleh perusahaan. Jenis kedua adalah SKBB yang diperluas atau erweitertes Fhrungszeugnis. Jenis ini terutama digunakan untuk melindungi remaja dan anak-anak. SKBB ini ditujukan untuk individu yang jenis pekerjaannya berhubungan dengan anak-anak, seperti relawan untuk pengungsi yang mengurus anak-anak. Jenis ketiga adalah SKBB untuk melamar menjadi pegawai negeri. 

Seseorang tidak dapat memperoleh surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian jika pernah dihukum, sedang berada dalam proses hukum, atau pernah dirawat dirumah sakit akibat gangguan kesehatan psikis. Surat ini tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Meski demikian, pemberi pekerjaan atau pihak yang meminta SKBB biasanya menginginkan SKBB asli dan terbaru. Jarang ada pemberi kerja yang bersedia untuk menerima SKBB fotokopi.

Sumber: 1, 2.

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun