Mohon tunggu...
Varlian Ekarianto
Varlian Ekarianto Mohon Tunggu... Guru - GURU

Saya Varlian Ekarianto, saya seorang guru di salah satu satuan pendidikan provinsi Jambi kabupaten Tebo. Saya berumur 35 tahun tinggi badan saya 166 cm dan cukup berpenampilan menarik. hobi saya adalah memancing, saat memancing saya bisa menhabiskan waktu seharian. Hal-hal bagi saya adalah ingin memberikan ilmu yang telah saya dapatkan kepada siswa saya. Mengajar adalah hal yang menyenangkan, karena siswa memberikan saya tantangan, semangat, dan kualitas hidup.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas VIII dalam Membuat Greeting Card

20 Januari 2023   06:00 Diperbarui: 20 Januari 2023   06:06 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi : SMP NEGERI 14 TEBO

Penulis : VARLIAN EKARIANTO, S.Pd

Tanggal : 11 Januari 2023

Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membuat Greeting Card dengan penerapan Problem Based Learning (PBL) dikelas VIII SMP Negeri 14 Tebo

Situasi:

Rendahnya keterampilan siswa kelas VIII dalam membuat greeting card dilatarbelakangi oleh beberapa faktor antara lain:

  • Siswa kurang memahami struktur teks dari greeting card
  • Rendahnyakosa kata siswa dalam menulis greeting card
  • Guru belum menggunakan metode,media pembelajaran yang sesuai dan inovatif

Dari poin-poin diatas dapat diuraikan rendahnya keterampilan siswa dalam membuat greeting card, dikarenakan siswa kurang penguasaan kosa kata. menyebabkan siswa kebingungan dalam pemilihan kata dalam pembuatan greeting card.

Kemudian, dalam pembelajaran ini guru belum menggunakan metode, model dan media yang sesuai dengan kebutuhan siswa dikelas. Sehingga siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran karena pemebelajaran masih terfokus ke guru.

Praktik baik ini penting untuk dibagikan karena daria hasil kajian literatur dan hasil wawancara yang dilakukan, masih banyak rekan guru diluar sana yang mengalami permasalahan yang sama, sehingga saya berharap dengan praktik baik ini dapat memotivasi dan menginspirasi rekan guru yang lain dalam upaya meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat greeting card.

Tanggung jawab saya sebagai guru dalam praktik baik ini adalah memilih dan menerapkan model, metode dan media pembelajaran yang sesuai. Menyususn RPP yang akan digunakan dengan mempertimbangkan karakteristik dan lingkungan belajar siswa, sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan secara kontekstual. Saya juga bertanggung jawab sebagai fasilitator dan motivator belajar bagi siswa dalam pembelajaran.

Tantangan : 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun