Lokasi : SMP NEGERI 14 TEBO
Penulis : VARLIAN EKARIANTO, S.Pd
Tanggal : 11 Januari 2023
Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membuat Greeting Card dengan penerapan Problem Based Learning (PBL) dikelas VIII SMP Negeri 14 Tebo
Situasi:
Rendahnya keterampilan siswa kelas VIII dalam membuat greeting card dilatarbelakangi oleh beberapa faktor antara lain:
- Siswa kurang memahami struktur teks dari greeting card
- Rendahnyakosa kata siswa dalam menulis greeting card
- Guru belum menggunakan metode,media pembelajaran yang sesuai dan inovatif
Dari poin-poin diatas dapat diuraikan rendahnya keterampilan siswa dalam membuat greeting card, dikarenakan siswa kurang penguasaan kosa kata. menyebabkan siswa kebingungan dalam pemilihan kata dalam pembuatan greeting card.
Kemudian, dalam pembelajaran ini guru belum menggunakan metode, model dan media yang sesuai dengan kebutuhan siswa dikelas. Sehingga siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran karena pemebelajaran masih terfokus ke guru.
Praktik baik ini penting untuk dibagikan karena daria hasil kajian literatur dan hasil wawancara yang dilakukan, masih banyak rekan guru diluar sana yang mengalami permasalahan yang sama, sehingga saya berharap dengan praktik baik ini dapat memotivasi dan menginspirasi rekan guru yang lain dalam upaya meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat greeting card.
Tanggung jawab saya sebagai guru dalam praktik baik ini adalah memilih dan menerapkan model, metode dan media pembelajaran yang sesuai. Menyususn RPP yang akan digunakan dengan mempertimbangkan karakteristik dan lingkungan belajar siswa, sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan secara kontekstual. Saya juga bertanggung jawab sebagai fasilitator dan motivator belajar bagi siswa dalam pembelajaran.
Tantangan :Â