Mohon tunggu...
Vanya RiskiFahrecha
Vanya RiskiFahrecha Mohon Tunggu... Mahasiswa - like matcha and you

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 21107030100

Selanjutnya

Tutup

Trip

Kawasan Wisata Gunung Kidul Mulai Bangkit dari Pandemi Covid-19

6 Juni 2022   13:40 Diperbarui: 6 Juni 2022   13:47 187 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sudah hampir 2 tahun setelah adanya wabah pandemi Covid-19 yang dengan sekejap menghancurkan semua sektor perekonomian masyarakat, termasuk pariwisata. Semua tempat wisata menjadi tidak ramai seperti sebelumnya dan membawa dampak buruk bagi jutaan pekerja di sekitar objek wisata.

Tetapi, Seiring dengan semakin menurunnya kurva Covid-19 di Indonesia, pemerintah melonggarkan kebijakan-kebijakan yang ada di sejumlah daerah. Di perkirakan kebijakan yang dilakukan pemerintah akan membawa dampak positif terhadap kebangkitan sektor pariwisata pasca pandemi.

Dan perlahan pemerintah telah membuka kembali semua sektor pariwisata setelah adannya Covid-19 yang di nilai atau dikabarkan mereda. Yogyakarta yang dikabarkan sebagai destinasi wisata setelah bali akan mengalami kebangkitan sektor pariwisata dan ramai kembali seperti sebelum adanya pandemi Covid-19. Walaupun kurva covid-19 mulai menurun tetap harus selalu waspada di mana pun dan kapan pun.

"Covid-19 ini masih menyertai di mana pun kita berada. Kita harus bisa berdamai dengan Covid-19 ini, seperti berenang di tengah laut bersama hiu ganas," ujar Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Kepala BPS Gunung kidul, Rintang Awan Eltribakti Umbas, mengatakan, tercatat pertumbuhan sektor pariwisata yang masuk ke jasa lainnya sebesar 18,37 persen. Sedangkan, sektor informasi dan komunikasi menyumbang sebesar 16,87 persen. "Bisa dikatakan, pertumbuhan ekonomi dari sektor ini (pariwisata) hampir menyamai dengan 2019, sebelum pandemi," ucap Eltri.

Kebangkitan sektor pariwisata ini memicu pertumbuhan yang pesat pada ekonomi yang ada di Tanah Air ini. Kepala Dinas Pariwisata Gunung kidul, Mohamad Arif Aldian, mengatakan, pembukaan pintu kunjungan wisata disambut dengan antusiasme tinggi oleh masyarakat. Hal itu terlihat dari kunjungan wisata akhir tahun 2021 lalu.

"Mulai meningkatnya kunjungan wisata berdampak positif pada perekonomian Gunung kidul, tidak hanya dari retribusi, tapi juga ke pelaku usaha dan masyarakat," kata Arif saat dihubungi wartawan, Minggu (10/4/2022). Walaupun pariwisata Gunung kidul saat ini belum sepenuhnya kembali normal setelah terpuruk akibat pandemi, dinyatakan bahwa sektor wisata akan bisa terus berkembang pesat untuk kedepannya.

Secara garis besar, pertama kali yang akan dan pasti dituju para warga lokal dan wisatawan luar yaitu destinasi pantai, karena destinasi pantai pada umumnya banyak menyajikan panorama air laut yang begitu indah dan juga dengan suasana yang sangat cocok untuk melepas penat. Destinasi pantai di Yogyakarta yang bisa kalian kunjungi banyak terdapat di daerah Kabupaten Bantul, Kulon Progo, dan Gunung kidul. Tetapi, kebanyakan wisatawan dan warga lokal selalu menuju destinasi pantai yang ada di Gunung Kidul.

Kalau kalian ingin menikmati suasana sejuk, ketenangan, dan jauh dari keramaian kota, kalian wajib mengunjungi beberapa jajaran destinasi pantai yang ada di Gunung Kidul.

1. Pantai Kukup

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan