Mohon tunggu...
Vanessa Salvathea
Vanessa Salvathea Mohon Tunggu... Van

Baru belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Konsep Rumah dalam MV BTS 'Life Goes On'

18 Maret 2021   10:17 Diperbarui: 18 Maret 2021   10:25 247 1 0 Mohon Tunggu...

Hai Readers, apakah kalian sehat semua? Penulis harap readers dalam kondisi bahagia.

Kali ini penulis ingin berbagi cerita tentang Music Video dari salah satu boygroup kesukaan penulis. Boygroup kali ini yaitu BTS (hehe iya penulis Army)

Oke kembali ke topik, mungkin banyak MV BTS yang penulis suka dan sebenernya ingin dibahas, namun penulis akan memilih MV 'Life Goes On'. Mungkin banyak yang tahu lagu ini karena lagu ini sangat populer pada tahun 2020.

Kita akan membahas bersama Music Video dari BTS dengan berdasar pada aspek yang penting dalam video. Aspek tersebut ada konsep, kreativitas, style, konten, kualitas, dan penggunaan tata bahasa.

Pertama dari desain video ini yaitu menggunakan set latar di rumah. Seperti yang kita tahu, pada wawancara Jin selaku member tertua di BTS berkata bahwa lagu ini merupakan lagu yang bertujuan untuk saling menguatkan di masa pandemi.

Pandemi covid-19 tidak hanya menyerang kesehatan fisik saja namun kesehatan mental juga kena dampak. Orang-orang tidak bisa secara bebas untuk berinteraksi secara langsung, melakukan segala pekerjaan di rumah, jenuh karena pembatasan ketika bepergian yang membuat kita semua merasa tertekan.

Masa seperti ini kuncinya terletak pada saling mendukung, tergambarkan dalam scene di mana mereka berkumpul bersama dan bermain bersama. Karena hidup kita harus tetap maju.

Rasa hampa digambarkan dalam video ini dalam dua bentuk yaitu penggunaan color tone yang cenderung jenuh dan juga ada satu scene di mana mereka bernyanyi  dengan style black and white.

Kemudian pada scene black and white menampilkan lokasi tempat seharusnya mereka mengadakan konser tahun 2020. Namun harus dibatalkan akibat covid-19, untuk menghibur para fansnya mereka menggantikan fans yang seharusnya di dalam studio menjadi kumpulan lighstick yang disusun sedemikian rupa, hal ini juga masuk ke dalam aspek kreativitas dari pembuatan MV.

Kemudian karena konsep dari Music Video ini tentang stay at home, maka latar yang digunakan merupakan apartement mereka tinggal. Tentu saja walaupun hanya di dalam ruangan kita bisa membuat sebuah video yang bermakna.

Membangun suasana rumahan bukanlah hal yang bisa dibilang mudah. Rumah menurut tiap individu berbeda, namun BTS membangun suasana rumahan dengan berkumpul bersama dengan ketujuh personil yang tidak lupa juga mereka menambahkan aspek seperti memesan maknana via online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN