Mohon tunggu...
Vanessa Salvathea
Vanessa Salvathea Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Van

Baru belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dampak Sejarah Internet terhadap Dunia Media hingga Jurnalisme

1 September 2020   01:27 Diperbarui: 8 September 2020   08:06 108 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Saat ini, internet sudah menjadi kebutuhan pokok manusia untuk beraktifitas, seluruh kebutuhan dasar hingga khusus semua ada di dalam internet. Namun setiap kita berbicara 'internet', bagaimana sejarah munculnya internet yang pada akhirnya di jaman sekarang menjadi kebutuhan pokok kita untuk beraktifitas. Bagaimana internet berkembang dan apa saja perkembangannya, simak penjelasan sejarah internet hingga perkembangan yang memiliki pengaruh dalam dunia jurnalisme media.

 Pengertian dan Sejarah Internet

Internet atau yang disebut Interconnected Network merupakan bentuk jaringan komputer yang terhubung dalam jaringan global yang di mana jaringan tersebut menggunakan internet protocol suite atau yang disingkat (TCP/IP) yang memiliki fungsi untuk menggabungkan antar jaringan. Internet sendiri yaitu bentuk jaringan yang terdiri dari jaringan privat, publik, bisnis, akamedik, pemerintah hingga jaringan daalam bentuk skala lokal maupun global yang dihubungkan melalui banyaknya macam perkembangan tekonologi elektronik, optik, dan nirkabel. Interne sendiri menunggangi berbagai macam sumber informasi seperti dokumen bentuk hypertext yang di mana saling terhubung serta juga ada aplikasi WWW (World Wide Web), telepon, surat dalam bentuk elektronik, serta berbagai macam file sharing.

Berikut urutan tahun perkembangan internet :

a. Tahun 1957 

Uni Soviet meluncurkan satelit bernama Sputnik.

b. Tahun 1958-1859

ARPA (Advance Research Projects Agency) merupakan badan pertahanan Amerika Serikat yang dibentuk dengan tujuan untuk melakukan persaingan dengan Rusia dalam bidang teknologi komputer dan informasi.

c. Tahun 1960-an

APRA mengembangkan sebuah program yang diberin nama ARPANET dengan cara menyambungkan empat komputer yang ada di empat universitas yaitu University of California, Standford Research Institute, Santa Barbaba, dan terakhir University of Utah. Program tersebut sukses terhubung hingga tahun 1969.

d. Tahun 1965

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan