Mohon tunggu...
Vania hanifa Zahra
Vania hanifa Zahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Inhale sabr, exhale shukr🤍✨

Ingin doa dikabulkan? Perbaikilah rasa yakinmu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perbandingan antara Pancasila dengan Ideologi Lainnya

28 Oktober 2021   21:17 Diperbarui: 28 Oktober 2021   23:19 389 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebagai perbandingan, berikut ini diuraikan dua ideologi lain, yaitu ideologi liberalisme dan komunisme.

1. Liberalisme

Pada intinya ajaran liberalisme bertitik tolak dari paham individualisme yang mentitikberatkan pada kebebasan perseorangan atau individu. 

Paham demikian ini tidak sesuai dengan pancasila, yang memandang manusia sebagai makhluk individu (pribadi) sekaligus sebagai makhluk sosial.

Oleh sebab itu, pancasila memandang bahwa dalam kehidupan bermasyarakat wajib menyelaraskan kepentingan pribadi dengan kewajibanya terhadap masyarakat.

Selain itu, paham liberalisme menganut paham sekuler, yaitu paham yang memisahkan masalah agama dari urusan Negara dan pemerintahan. 

Hal ini juga tidak sesuai dengan pancasila. Yaitu Sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. Di sini dijelaskan bahwa Negara wajib untuk ikut menciptakan kondisi yang dapat mendorong berkembangnya kehidupan keagamaan dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

2. Komunisme

Ajaran komunisme bersifat atheis (anti tuhan dan tidak percaya adanya tuhan). Hal ini bertentangan dengan pancasila, khususnya Sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. 

Pada dasarnya, masyarakat komunis adalah masyarakat dunia yang tidak dibatasi oleh kesadaran nasional. Komunis bersifat internasional dan menolak nasionalisme. Hal ini bertentangan dengan pancasila yang menghendaki nasionalisme yang kuat yang sesuai dengan Sila Ketiga Peratuan Indonesia.

Komunisme membangun Negara berdasarkan kelas (kelompok, golongan). Hal ini bertentangan dengan pancasila yang memandang Negara bukan untuk kelompok atau kelas tertentu, melainkan untuk seluruh rakyat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan