Mohon tunggu...
Vanesha Hershinta Amin
Vanesha Hershinta Amin Mohon Tunggu... Mahasiswa Penerima Beasiswa Prestasi 100% STP Trisakti

STP Trisakti

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pandemi Belum Selesai, Terapkan 5 Pola Hidup Sehat Ini

26 Februari 2021   01:52 Diperbarui: 1 Maret 2021   01:06 52 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi Belum Selesai, Terapkan 5 Pola Hidup Sehat Ini
covid-6038b04f8ede48294a63efe2.png

Pandemi COVID-19 mempengaruhi hidup kita dalam banyak hal. Dengan perubahan rutin yang terjadi, sangat wajar untuk merasa kewalahan, cemas, dan stres. Sesuai dengan anjuran pemerintah, kita perlu menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan. Meskipun penting untuk mempraktikkan jarak sosial dan isolasi diri, hal itu dapat mengakibatkan kesepian sosial karena interaksi tatap muka telah dibatasi secara signifikan selama beberapa bulan terakhir. Untuk mendapatkan kehidupan yang baik, kita perlu menjaga kesehatan fisik dan mental di saat-saat sulit seperti ini. Berikut 5 pola hidup sehat yang dapat diterapkan selama masa pandemi.

  1. Tetap Aktif dan Bergerak Sepanjang Hari

Berjalanlah di tempat sesekali selama rapat dan pergi keluar di pagi hari untuk mendapatkan vitamin D. Gimnasium mungkin tidak buka, namun, ada banyak alternatif yang aman untuk melakukan aktivitas fisik tanpa bertentangan dengan protokol kesehatan seperti menjaga jarak sosial dan menghindari keramaian. Aerobik bisa berhasil dilakukan di rumah. Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah menghindari keramaian tidak berarti menghindari alam. Jalan-jalan cepat atau joging di luar ruangan masih dianggap relatif aman. Push-up, sit-up, jumping-jack, dan banyak lagi latihan adalah cara yang bagus untuk menjaga kebugaran di masa pandemi.

  1. Perhatikan Kesehatan

Apabila Anda memiliki obat yang diresepkan untuk kondisi apa pun, pastikan untuk meminumnya sesuai arahan dokter. Kondisi kronis seperti hipertensi, diabetes, asma dan banyak lainnya harus diawasi dengan minum obat sesuai resep. Pastikan untuk menghubungi tim perawatan kesehatan Anda apabila terdapat masalah.

  1. Buat diri Anda terhibur

Menjaga diri Anda sibuk dan terhibur selama COVID-19 sangat penting. Mendengarkan radio, menonton acara favorit Anda, memainkan teka-teki online, berlangganan tutorial YouTube, dan mempelajari keterampilan baru adalah beberapa ide yang dapat Anda coba.

  1. Dapatkan Informasi dari Sumber yang Benar

Selama masa yang tidak pasti seperti ini, informasi yang berlebihan dapat terjadi, yang mengakibatkan stres dan kecemasan. Tetap terinformasi dan mendapatkan informasi yang benar dari sumber yang dapat dipercaya adalah kuncinya. Pastikan Anda menyaring informasi yang masuk dan mengecek kembali apakah informasi yang didapatkan fakta atau hoaks.

  1. Tidur yang Cukup

Tidur yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Menurut The National Institutes of Health (NIH), aktivasi sistem kekebalan mengubah pola tidur, dan tidur pada gilirannya memengaruhi tingkat adaptivitas dan sistem pertahanan tubuh kita. Sementara jumlah tidur yang dibutuhkan untuk kesehatan yang baik dan kinerja optimal sebagian besar bergantung pada individu Direkomendasikan untuk orang dewasa usia 18-60 tahun untuk tidur tujuh jam atau lebih per malam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x