Mohon tunggu...
Budi Darmawan
Budi Darmawan Mohon Tunggu... Arsitek - Desain Interior

A father, a husband, sometimes an entrepeneur but as aservant of Allah Azzawajallah 24/7

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Ini Kelebihan dan Kelemahan Bahan Finishing Kithen Set yang Perlu Anda Ketahui

7 Desember 2021   10:35 Diperbarui: 9 Desember 2021   12:47 171 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi kitchen set, dekorasi dapur modern. Sumber: Freepik/Vanitjan via Kompas.com 

Membahas  soal ketahanan kitchen set, tentu saja erat kaitannya dengan material seperti apa yang digunakan. Semakin premium materialnya, semakin kuat ketahanannya. Namun, perlu juga dibarengi dengan maintenance sehari-hari. Sebagus-bagusnya material kitchen set, bila tidak dirawat dan dibersihkan setiap hari, maka pakaiannya bisa lebih singkat dari yang semestinya.

Ada banyak material yang biasa digunakan dalam pembuatan kitchen set. Tiap jenis material dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Supaya tidak salah pilih, untuk Anda yang awam dan berencana memesan sebuah kitchen set untuk dapur idaman, sebaiknya baca dulu ulasan mengenai jenis-jenis material kitchen set beserta plus minusnya berikut ini.

Kayu Solid

Di antara sekian banyak material kitchen set, kayu solid termasuk yang paling umum. Sejak dulu kayu solid memang banyak dilibatkan untuk pembuatan furniture. Entah itu berupa partisi, meja, lemari pakaian, dan bahkan kitchen set.

Render by : Vandeco Kitchen
Render by : Vandeco Kitchen

Kayu jati menempati urutan teratas dari beberapa jenis kayu yang biasa dijadikan material kitchen set. Pertimbangannya, ketahanan kayu jati tidak terbantahkan. Pun, dia memiliki serat kayu yang elok. Disusul kemudian kayu rosewood India, kayu melia, kayu mindi, dan kayu mahoni.

Nilai estetika kitchen set berbahan solid dapat ditingkatkan dengan melalukan pengecatan pada cabinet. Anda dapat memilih cat dengan aksen akhir doff bila menginginkan menampilkan kesan klasik. Tapi jika ingin nuansa modern, cat-cat bernuansa glossy adalah pilihan tepat.

Kelebihan Kayu Solid 

Material kayu merupakan sumber daya yang aman. It means, tidak beracun. Jadi ideal bila ditempatkan pada ruangan yang bersinggungan dengan bahan-bahan makanannya. Selain itu, variasi warna, serat dan teksturnya sangat beragam sehingga menambah daya tarik tersendiri. Keragaman tersebut turut menjadikan kayu solid mudah disesuaikan dengan tema desain apa saja. Baik itu desain klasik/tradisional ataupun modern/kontemporer.

Nilai plus lainnya yang dimiliki material satu ini ialah orisinalitas. Mengapa demikian? Sebab, antara satu kayu dengan kayu lainnya memiliki serat yang berbeda-beda. Tidak ada yang sama. Itu yang membuat kitchen set Anda jadi lebih khas dan tidak mudah ditiru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan