Mohon tunggu...
Valerie A Gunawan
Valerie A Gunawan Mohon Tunggu... Always Grateful

Pelajar SMA Dian Harapan Cikarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mari Pemuda Terus Bangun Indonesia!

23 Februari 2021   11:12 Diperbarui: 23 Februari 2021   11:50 88 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mari Pemuda Terus Bangun Indonesia!
diolah dengan Canva

"Pemuda adalah penerus bangsa," kata kata tersebut sering kali dilontarkan entah oleh para guru, pembicara atau orangtua. Perkataan tersebut memang betul adanya, pemuda adalah penerus bangsa dan akan menentukkan masa depan bangsa.

Pemuda digambarkan sebagai harapan bagi bangsa dan menjadi salah satu hal yang penting karena kemampuan dan kontribusi mereka. Bahkan sejak dahulu kala, pemuda berkontribusi dalam banyak hal membangun Indonesia.

Selama perjalanannya menunju kemerdekaan, Bangsa Indonesia dibela, dibangun, dan dibentuk oleh uluran tangan para pemuda. Para pemuda dengan gigih, berani, dan penuh inovasi berjuang mempertaruhkan nyawa untuk keberlangsungan Indonesia. 

Sejak masa kolonial Belanda dan Jepang, banyak sekali pemuda yang berkontribusi melawan penjajah; memperjuangkan hak hak dan mengembangkan pola pikir masyarakat seperti Kartini, Budi Utomo, Soekarno dan juga Mohammad Yamin yang menuliskan naskah Sumpah Pemuda yang adalah salah satu peristiwa penting bagi kebangkitan pemuda.

Kegigihan dan semangat para pemuda juga merupakan hal yang mendorong Indonesia menuju pintu kemerdekaan. Para pemuda yang berkeinginan kuat untuk Indonesia yang merdeka mendesak golongan tua agar segera memproklamasikan kemerdekaan dan Indonesia akhirnya merdeka.

Tidak berhenti disitu, pemuda terus berkontribusi dalam perkembangan dan pertahanan Indonesia. Setelah merdeka kita dapat merasakan peran pemuda seperti Bung Tomo dalam mempertahankan kemerdekaan juga para mahasiswa yang berjuang dalam perubahan tata negara di Indonesia. Dalam perkembangan teknologi, kita mengenal B.J. Habibie yang berkontribusi dalam perkembangan dirgantara juga komunikasi.

Dari masa kemasa, peran pemuda sangatlah penting, tak terkecuali pada masa kini. Malah, peran pemuda menjadi semakin penting karena berkontribusi  dengan konsisten dari masa ke masa sehingga menjadi suatu simbol harapan masyarakat.

Tapi sebenarnya siapa sajakah pemuda itu? 

Menurut Undang Undang No.40 tahun 2009 Pasal 1, pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun.

"Seratus orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia."-Ir. Soekarno

Seperti yang dikatakan oleh Ir. Soekarno, satu orang pemuda saja dapat mengubah dunia. Disadari atau tidak, pemuda mempunyai peran yang besar dalam perubahan-perubahan.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN