Mohon tunggu...
Valerie
Valerie Mohon Tunggu... Freelancer - Pribadi

Halo I'm Valerie!

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips Lancar Interview dengan Bahasa Inggris

28 Juni 2022   10:41 Diperbarui: 28 Juni 2022   11:21 88 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Zaman sekarang ini, semakin banyak perusahaan yang menuntut karyawannya untuk bisa berbahasa Inggris. Banyak juga perusahaan internasional dan start-up yang menggunakan Bahasa Inggris dalam berbagai aspek pekerjaan setiap harinya. 

Jadi, tidak heran apabila sekarang banyak perusahaan yang melakukan interview pekerjaan dalam Bahasa Inggris. Mereka ingin menguji kemampuan Bahasa Inggris kandidat dan memastikan kandidat mampu berbicara dalam Bahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri. 

Nah, dikutip dari artikel berikut, beberapa tips menguasai interview kerja dalam Bahasa Inggris bisa Anda coba.

  • Buat pertemuan pertama menjadi berkesan

Pastikan Anda datang tepat waktu, mengenakan pakaian yang pantas, dan juga terlihat rapi. Karena first impression is important

Bersikaplah sopan ke semua orang, termasuk petugas security dan resepsionis yang mungkin menjadi kontak pertamamu saat kamu memasuki gedung perusahaan. Terkadang, interviewer akan bertanya kesan mereka saat pertama kali bertemu atau berbicara denganmu. 

  • Sapa interviewer dengan formal dan ramah

Apabila interview dilakukan secara tatap muka, kemungkinan besar Anda akan diminta menunggu sebentar di ruang tunggu. Lalu, Anda akan diantar ke ruang interview. Walaupun interviewer sudah tahu siapa Anda, sebaiknya perkenalkan diri Anda kembali. Selain terkesan sopan, kemungkinan interviewer juga harus meng-interview beberapa orang lain, jadi, tentu lebih baik untuk mengingatkan siapa Anda. 

Anda bisa bilang: 

I am Jane Smith. It's a pleasure to meet you.

Apabila kamu melakukan interview secara online menggunakan aplikasi video konferensi seperti Zoom atau Google Meet, lebih baik siap beberapa menit lebih awal untuk memastikan tidak ada kendala teknis. Carilah tempat dengan pencahayaan yang terang dan pastikan kamu menatap lurus ke kamera sehingga seperti berhadapan langsung dengan interviewer secara fisik. Biasanya, interviewer akan mengenalkan dirinya terlebih dahulu. Setelahnya, Anda bisa mengucapkan:

I am Jane Smith. Thank you for taking the time to speak with me today.

Important vocabulary 

  • It's a pleasure to meet you (senang bertemu dengan Anda) 
  • Thank you for taking the time to speak with me today (terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk berbicara dengan saya hari ini) 
  • Persiapkan diri untuk beberapa pertanyaan pembuka 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan