Mohon tunggu...
valentyno damya
valentyno damya Mohon Tunggu... Mahasiswa - valentyno damya

nothing is easy nothing is impossible

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kegiatan Ramadhan di Masjid Sabilillah

31 Mei 2022   11:37 Diperbarui: 31 Mei 2022   11:48 106 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Bukan hanya agama budha dan katolik tempat peribdatannya dibahas sekarang saya akan membahas tentang kegiatan di masjid karena bertepatan waktu ini dalam waktu dekat akan memasuki bulan puasa ramadhan dan saya mengunjungi salah satu masjid besar di Malang yaitu Masjid sabilillah. 

Saya berkunjung kesana sekitar pukul delapan pagi dan saya bertemu langsung kepada salah satu pengurus masjid yang sering disebut dengan sebutan takmir  masjid. 

Disambut sangat ramah disana dan mendapatkan sedikit kritikan dari takmir masjid karena gaya berpenampilan yang dianggap kurang sopan hehe. Akan tetapi namanya nasihat baik tetap dilaksanakan dan wawancara tetap berjalan dan berlanjut.

Nama narasumber yang berkomunikasi bersama saya adalah pak gufron salah satu takmir masjid sabilillah yang aktif dibidang keuangan masjid sabilillah tersebut karena masjid sabillah butuh banyak tenaga jadi pak gufron juga akan terjun untuk membantu kegiatan pada bulan suci ramadhan nantinya. 

Yang kurang menguntungkan pada waktu saya wawancara ke masjid tersebut ustadz yang menangangi bidang kegiatan yaitu ustadz hasyim yang salah satu dosen di tempat kampus saya juga Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim malang sedang tidak ada ditempat tersebut, akan tetapi hebatnya masjid sabilillah bagian aspek bidang kegiatan tiap masing masing takmir masjid tau cakupan kegiatan secara umum dan secara khususnya juga.

Kita masuk kedalam kegiatan dibulan ramadhan pada masjid sabililah adalah ketika subuh bangun untuk melaksanakan sholat subuh yang sebelumnya sahur dikediaman masing masing. 

Setelah itu ada sebuah pengajian yang diadakan masjid setelah sholat subuh kepada para jamaah yang ingin datang ketempat tersebut. Untuk pengisi acara pengajian itu bermacam macam dari ustadz yang hebat hebat juga dan juga materi yang digunakan bergantian tiap harinya tentunya dengan materi materi yang menarik dan menambah ketaqwaan masing masing umat islam yang hadir.

Ketika pagi hingga sore masih kegiatan normal yang dilaksanakan seperti hari hari biasanya seperti sholat zhuhur dan ashar, juga ada kegaitan kultum seperti biasa karena belum ada kegiatan khusus terbaru yang dilaksanakan dengan mempertimbangkan juga dibulan ramadhan takut para jamaah keletihan mengikuti kegiatan pada waktu itu. Dan menunggu hingga waktu sore untuk mempersiapkan kegiatan untuk berbuka puasa dan disni rangkaian acara sudah banyak dimulai.

Ketika ashar masuk ada kegiatan kecil kecilan yang dilaksankan pada masjid sabilillah seperti pengajian sore menjelang magrib untuk melaksanakan buka puasa. Pengajian sore ini biasanya dilaksanakan setengah hingga satu jam sebelum masuk waktu magrib ketika magrib tiba sebelumnya akan dilaksanakan buka bersama para jamaah. 

Masjid sabilillah menyediakan takjil yang dibagi bagikan kepada umum siapa saja yang ingin datang ke masjid sabilillah untuk melaksanakan buka puasa tanpa terkecuali siapapun boleh datang.

Uniknya lagi di masjid sabilillah terawih yang dilaksanakan di masjid ini setelah sholat isya yaitu sholat terawih yang dilaksanakan sebanyak satu juz hitungan pas hingga tiga puluh juz sesuai lamanya bulan puasa. Setelah selesai melaksanakan ibadah tarawih masjid sabilillah juga melaksanakan kegiatan tadarus bersama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan