Mohon tunggu...
Tovanno Valentino
Tovanno Valentino Mohon Tunggu... Konsultan - Hanya Seorang Pemimpi

Hanya Seorang Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Diperlukan Keseriusan Pemerintah Meningkatkan Mitigasi Bencana!

18 Januari 2022   04:51 Diperbarui: 20 Januari 2022   05:07 2710 11 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Wikipedia : Map of earthquakes in Indonesia 1900--2019, Based on the records of the USGS 

Sebelum masuk pada penulisan artikel sesuai judul artikel, tentu saya harus disclaimer bahwa saya bukan ahli dibidangnya dan juga bukan pengamat,  oleh karena itu dengan pemahaman yang minum baik secara umum maupun memahahimnya ketika gempa itu terjadi sangatlah terbatas.  Terlebih setelah kejadian gempa beruntun yang terjadi di provinsi Banten dan sekitarnya.  

Oleh karena itu saya mengumpulkan berbagai referensi yang dapat dipertanggungjawabkan. Tulisan ini khususnya dibuat untuk merespon gempa susulan yang dirasakan oleh warga di wilayah Jawa Barat dan Banten pada Senin (17/1/2022) sekitar pukul 07.30 WIB.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyebutkan, gempa yang baru saja terjadi berkekuatan magnitudo 5,4. Pusat gempa berada pada 84 kilometer barat daya Bayah, Banten, dengan kedalaman 10 kilometer.

Saya tinggalkan dulu sebentar persitiwa tersebut namun akan dgali kembali setelah saya mencoba membahasnya secara bagian per bagian sesuai literatur yang saya peroleh.

Saya awali dengan pengertian dan jenis gempa bumi itu sendiri, sekalipun sebagian besar masyarakat telah mengetahuinya.

PENGERTIAN GEMPA BUMI

Bersumber dari artikel wikipedia berbasa inggris salah satunya bersumber dari Arikel yang ditulis oleh Ohnaka, M. (2013). Yang berjudul "The Physics of Rock Failure and Earthquakes". Terbitan Cambridge University Press.

Gempa bumi atau earthquake (dikenal juga dengan sebutan singkat quake, tremor atau temblor) merupakan guncangan permukaan bumi yang dihasilkan dari pelepasan energi secara tiba-tiba di litosfer bumi yang menciptakan gelombang seismik .

Gempa bumi dapat berkisar dalam ukuran dari yang sangat lemah sehingga tidak dapat dirasakan hingga yang cukup keras untuk mendorong benda dan orang ke udara, dan menimbulkan kehancuran di seluruh kota.

Aktivitas Seismicity, atau aktivitas seismic (Aktifitas Seismisitas , atau aktivitas seismik) , suatu daerah adalah frekuensi, jenis, dan ukuran gempa bumi yang dialami selama periode waktu tertentu. Kata tremor juga digunakan untuk memproyeksikan keadaan gemuruh seismik non-gempa .

Di permukaan bumi, gempa bumi memanifestasikan dirinya dengan mengguncang dan menggusur atau mengganggu tanah. Ketika episentrum gempa bumi besar terletak di lepas pantai, dasar laut dapat bergeser cukup untuk menyebabkan tsunami . Gempa bumi juga dapat memicu tanah longsor dan, terkadang, aktivitas gunung berapi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan