Mohon tunggu...
Tovanno Valentino
Tovanno Valentino Mohon Tunggu... Konsultan - Hanya Seorang Pemimpi

Hanya Seorang Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Aturan Keamanan Internet Teratas atau Terpenting untuk Semua Orang!

22 Desember 2021   23:01 Diperbarui: 24 Desember 2021   02:45 5345 12 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi keamanan siber (cyber security). Sumber: Kompas.com

Updated : 23/12/2021 01:18 WIB

Sebagian besar orang  harus mengakui bahwa saat ini kita sangat bergantung pada internet untuk menikmati media sosial, pendidikan online, pekerjaan jarak jauh, dan segala macam hiburan. Tetapi penggunaan secara luas gak sama dengan pemahaman yang meluas.

Kabar baiknya adalah ada banyak cara untuk tetap aman saat online. Hal ini menurut saya bagian yang terpenting dan menjadi concern saya.

Kiat utama, lebih mudah untuk tetap aman di internet jika anda memiliki lapisan perlindungan tambahan. Solusi keamanan siber menyeluruh dalam rangkan mengamankan anda dari malware, memastikan pengalaman menjelajah yang lancar dengan pemblokir iklan, dan melindungi privasi anda dengan VPN dan lain sebagainya.

Ok kita mulai satu persatum saya urut acak saja, bukan berarti yang lebih awal adalah yang paling prioritas semua sama pentingnya untuk diaplikasikan

SIMPAN DATA RAHASIA ANDA SECARA OFF-LINE

Menurut saya, beberapa data terkait identitas anda, seperti KTP, Kartu NPWP,  Kartu Kredit/ATM/Debit atau dokumen lain yang sangat rahasia seharusnya gak pernah mereka on-line. Sekalipun saat ini banyak aplikasi mensyaratkan hal tersebut. Akan tetapi aplikasi yang mana dulu? Ada sedikit tolerasi tetapi pada dasarnya harus tersimpan secara off-line bukan disebarkan secara online.

Kasus pencurian identitas merupakan kategori kejahatan tunggal terbesar yang dilaporkan ke FTC (Federal Trade Commission)  pada tahun 2020  (Dapat mengunjungi situs ini).  Tetapi penjahat dunia maya sekelas apapun gak akan menemukan dan memanfaatkan, mengakses atau mencuri informasi pribadi anda jika memang gak dapat ditemukan di internet. 

Itulah mengapa beberapa data --- seperti nomor jaminan sosial misalnya--- gak boleh online. Namun, ketika anda masih harus membagikannya, pastikan untuk mengirimkannya sebagai lampiran email dan mengenkripsi file tersebut sebelum dikirim. 

PERIKSA KEANDALAN SITUS WEB

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan