Mohon tunggu...
Tovanno Valentino
Tovanno Valentino Mohon Tunggu... Konsultan - Hanya Seorang Pemimpi

Hanya Seorang Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Artikel Utama

Perlu Diingat, Wikipedia Tidak Menjamin Keabsahan Isi Artikelnya!

18 Oktober 2021   07:46 Diperbarui: 18 Oktober 2021   22:28 2255 24 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Halaman Wikipedia Kompasiana (tangkapan layar pribadi)

Ini bukan kata saya lho! Ini pernyataan resmi Wikipedia! Pernah membacanya? Minimal coba luangkan waktu membaca Wikipedia General Disclaimer. Kalau tidak percaya Anda bisa membuka Wikipedia dan membaca sendiri. 

Lalu apa artinya?

Tentu penting dalam menjamin sumber referensi yang biasanya digunakan oleh penulis, dan terlebih lagi dunia pendidikan untuk sebuah karya tulisan ilmiah. Biasanya siswa-siswi, menggunakan sumber artikel atau kutipan Wikipedia tersebut sebagai sumber yang dapat dipertanggungjawabkan . Ada yang berpendapat gak masalah . Tapi jika dijadikan pegangan sebagai suatu refrensi yang benar dan dihafalkan dan ternyata keliru, dapat menjadi masalah bukan?

Nah, seberapa sering Anda menulis dengan menggunakan refrensi Wikipedia? Ayo ngaku!

Kalau saya jujur, kadang menggunakan, kok. Tapi dengan cara sederhana yang Anda juga pasti bisa, yaitu dengan melihat dulu catatan kaki dari kutipan artikel, dan kemudian menelusurinya lebih lanjut.

Oke, sebagai ilustrasi saya menggunakan contoh halaman Wikipedia kompasiana dengan alamat https://id.wikipedia.org/wiki/Kompasiana, atau tinggal googling dengan keyword "kompasiana" bisa langsung ketemu di halaman bagian teratas dari ponsel atau dari PC disebelah kanan dari hasil pencarian google.

Kebetulan halaman Wikipedia Kompasiana tersebut, saya yang membuatnya pertama kali, karena sudah menjadi kontributor sejak awal Wikipedia didirikan dan dibuka untuk kontributor Indonesia.

Sebagai kontributor, saya sempat berkontribusi pembuatan beberapa halaman utama di Wikipedia, maupun mengedit beberapa halaman lainnya. (Anda bisa lihat dibagian riwayatnya wikipedia kompasiana).

Wikipedia Kompasiana, disetujui dan dipublikasi tepatnya 13 Agustus 2011. 11.35. Tapi sebelum tampil, memerlukan persetujuan dari para koordinator Wikipedia Indonesia, bahkan dapat disanggah kontributor lainnya jika pengajuan dalam pratinjau dianggap tidak memenuhi kriteria, dan bisa berujung dihapus. Prosedurnya dapat diajukan melalui beberapa pilihan pilihan. 

Bahkan sekarang pada halaman Wikipedia Kompasiana masih diberi label bahwa "Artikel ini menggunakan kata-kata yang berlebihan dan hiperbolis tanpa memberikan informasi yang jelas. Silakan buang istilah-istilah yang hiperbolis tersebut"Saya belum sempat melakukan pembaharuan, atau Anda yang terpanggil, bisa ikut pembantu, namun carilah sumber langsung situs kompasiana.

Awalnya tidak seperti begitu format dan sebagian besar isi tulisannya, yang tidak berubah sama sekali adalah pada bagian sebelah kanan. Baik indeks maupun beberapa gambar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan