Mohon tunggu...
Tovanno Valentino
Tovanno Valentino Mohon Tunggu... Konsultan - Hanya Seorang Pemimpi

Hanya Seorang Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Di Balik Facebook "Down", Menyisakan Masalah Serius

6 Oktober 2021   06:48 Diperbarui: 6 Oktober 2021   15:24 1323 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi : https://wonderfulengineering.com

Setelah lama gak nulis, dan kemudian memulai lagi dengan tiga tulisan ber-genre yang berbeda dari biasanya. Saya mencoba kembali menulis pada genre utama yang menjadi focus saya selama ini, namun sesuai dengan update ilmu dan pengetahuan yang saya tekuni dan pelajari hingga hari ini.

Apalagi konten TIK/ICT sudah banyak bertaburan baik melalui situs personal, layanan internet bahkan di youtube, menjadi pilihan pembaca. Namun saya cukup senang ketika banyak orang awam (end user) dan tentunya mereka yang memiliki latar belakang keahlian TIK telah banyak memahami masalah, peluang, solusi pemanfataan teknologi.

So, apa yang mau ditulis?  Ikut-ikutan dikit boleh kan? Ya itu, yang sempat heboh seluruh jagat. Ketika Facebok dan keluarganya ngak bisa diakes alias "down" secara global.  

Sebenernya jika diteliti dan kilas balik perusahaan ini. baik pada saat masih berdiri sendiri maupun setelah melebarkan bisnisnya dengan mengakusisi beberapa aplikasi lainnya.

Kejadian Facebook Down kali ini ngak terlepas dari latar belakang sejarah yang sama selama ini. Jadi bukan baru pertama kali saja. Belum lagi persoalan lain yang harus dihadapinya baik dahulu maupun menjadi tantangan dimasa depan.

Dalam beberapa catatan, referensi  dan penelitian dan riset serta pengalaman pribadi saya mengikuti perusahaan terkemuka ini, terdapat beberapa catatan penting yang mungkin perlu diungkapkan, minimal yang baru tau, bagi yang udah tau, syukurlah.

31 Juli 2007

Ketika baru berusia tiga tahun, sikap Facebook pemadaman atau facebook down agak berbeda dengan kejadian belakangan ini. Pada tahun 2007 situs tersebut memang sengaja sengaja dibuat offline oleh para insinyurnya. 

Hal ini mungkin karena penggunanya belum banyak dan belum melakukan initial public offering penawaran umum perdana (IPO) saham pada hari Jumat, 18 Mei 2012.

IPO Facebook termasuk yang terbesar dalam teknologi dan salah satu yang terbesar dalam sejarah Internet, dengan kapitalisasi pasar puncak lebih dari $104 miliar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan