Mohon tunggu...
Valencia Yuniarti S.
Valencia Yuniarti S. Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Interested in media and communication studies

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Penuh Bekal di Akhir Semester Berkat Penulisan Naskah Digital

17 Desember 2020   12:15 Diperbarui: 17 Desember 2020   12:18 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto oleh Kaboompics .com dari Pexels.com

Penulisan Naskah Digital menjadi salah satu mata kuliah pilihan saya di semester 5. Jujur, saya tidak punya ekspektasi yang tinggi dalam perkuliahan di semester ini. Saya sudah sangat bersyukur kalau masih bisa mengikuti perkuliahan selama pandemi.

Saya mengambil mata kuliah ini karena saya sedang memulai merintis sebuah project kecil. Saya memulai project ini di kota tempat saya tinggal, yaitu Cirebon.

Saya berpikir dengan kemampuan di bidang seni visual (fotografi, videografi, dan desain) tidak cukup untuk mengelola sebuah brand. Oleh karena itu, saya ingin belajar bagaimana cara menulis di platform digital melalui mata kuliah ini.

Setelah menjalani perkuliahan hingga pertemuan terakhir, saya menyadari bahwa saya tidak hanya mendapat ilmu yang menjadi alasan di awal. Ada banyak hal yang saya pelajari selama mata kuliah ini.

Tentu saja, saya jadi terbiasa menulis di platform digital dengan ratusan kata. Ini sangat membantu saya ketika mengikuti lomba menulis opini yang diadakan oleh COMMFEST UMN 2020.

Menurut dewan juri, tulisan saya bersih tanpa ada salah ketik. Kemudian, cara saya merangkai kata dan memaparkan argumen juga dinilai baik. Hasilnya, saya memperoleh juara 2 pada perlombaan tersebut.

Itu pertama kalinya saya mengikuti lomba menulis opini. Berkat bekal dari mata kuliah ini, saya dapat membuat tulisan yang baik.

Mungkin perkuliahan terasa berat karena Mas Boi (Dosen Mata Kuliah Penulisan Naskah Digital) selalu mengulas pekerjaan mahasiswa. Namun, bagi saya, hal itu justru membuat saya terbiasa untuk menulis dengan baik dan benar.

Saya jadi ingat kalau saya pernah punya cita-cita menjadi seorang penulis saat SMP. Berangkat dari mata kuliah ini, saya jadi lebih percaya diri untuk memaparkan argumen saya dalam bentuk tulisan.

Project kecil saya pun sangat terbantu berkat mata kuliah ini. Pada bulan November 2020, saya memiliki kesempatan untuk mengelola branding sebuah kafe baru di Kota Cirebon. Saya pun jadi lebih mudah membuat caption yang singkat, padat, dan punya daya tarik.

Apa yang saya dapatkan pada mata kuliah ini benar-benar melampaui ekspektasi saya. Salah satu yang paling berharga, yaitu saya jadi sangat percaya diri dalam membuat tulisan. Saya tidak menyangka dapat memenangkan perlombaan menulis opini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun