Mohon tunggu...
Valencia Tiofanny
Valencia Tiofanny Mohon Tunggu... Pelajar

-

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pemerintahan United Kingdom atau Britania Raya

16 Oktober 2019   00:09 Diperbarui: 16 Oktober 2019   00:17 0 1 24 Mohon Tunggu...
Pemerintahan United Kingdom atau Britania Raya
dokpri

United Kingdom atau Britania Raya merupakan negara kepulauan yang terdiri dari Pulau Britania Raya, bagian timur laut Pulau Irlandia dan sejumlah pulau-pulau yang lebih kecil. Ibukota dari Britania Raya adalah London. 

Negara berdaulat ini terletak diantara 49LU -- 61 LU dan 9 BB -- 2 BT . Negara ini berbatasan darat dengan negara Republik Irlandia dan dikelilingi oleh Laut. Laut yang mengelilingi negara ini diantara lain adalah Laut Utara, Selat Inggris, Laut Irlandia, dan Samudera Atlantik.

Ideologi yang dimiliki oleh negara ini adalah ideologi Konservatisme, Unionisme Inggris, dan Liberalisme Ekonomi. Konservatisme merupakan ideologi yang mendukung atau memegang erat nilai-nilai tradisional. Istilah ini berasal dari bahasa Latin, conservre, melestarikan; "menjaga, memelihara, mengamalkan". Sedangkan Liberalisme merupakan ideologi yang memiliki pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama. Liberalisme ekonomi atau ekonomi liberal sendiri memiliki arti yaitu, bentuk sistem ekonomi yang memberikan kebebasan sebesar-besarnya kepada setiap individu dalam kegiatan perekonomian untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Negara ini memiliki sistem pemerintahan parlementer dan bentuk pemerintahan monarki. Sistem pemerintahan parlementer berarti parlemen memiliki peranan yang sangat pentik dalam pemerintahannya. Sedangkan bentuk pemerintahan monarki merupakan sejenis pemerintahan yang dipimpin oleh penguasa monarki. Penguasa monarki ini biasanya adalah Raja atau Ratu

Raja atau Ratu biasanya mendapatkan jabatannya berdasarkan keturunan. Jika memang sudah giliran mereka untuk menjabat, maka mereka akan otomatis dinobatkan sebagai Raja atau Ratu Britania Raya. Raja atau Ratu menjabat sebagai kepala negara dimana mereka hanya sebagai simbol dari negara. Karena Britania Raya memiliki bentuk pemerintahan monarki, maka Raja ataupun Ratu akan menjabat sepanjang hidupnya.

Sementara itu, kepala pemerintahan dari Britania Raya merupakan seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri yang pernah menjabat di Britania Raya memiliki masa jabatan yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena adanya ajuan pengunduran diri dari Perdana Menteri itu sendiri. Pemilihan Perdana Menteri ini dilakukan dengan diadakannya pemilu. 

Raja atau Ratu dan Perdana Menteri inilah yang merupakan bagian dari lembaga Eksekutif negara Britania Raya ini.

Lembaga Legislatif dari negara ini terdiri dari Parlemen Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara, House of Lords, dan House of Common. Parlemen ini merupakan lembaga legislatif tertinggi di Britania Raya. Parlemen ini bersifat bikameral, dengan Dewan Bangsawan Britania Raya sebagai majelis tinggi dan Dewan Rakyat Britania Raya sebagai majelis rendah. Bikameral merupakan praktik pemerintahan yang menggunakan dua kamar legislatif atau parlemen. House of Commons atau disebut juga Majelis Rendah adalah badan perwakilan rakyat yang anggota-anggotanya dipilih oleh rakyat di antara calon-calon partai politik. Sedangkan House of Lord atau Mejelis Tinggi adalah perwakilan yang berisi para bangsawan dengan berdasarkan warisan. House of Commons memiliki keuasaan yang lebih besar daripada House of Lord. Inggris menerapkan Parliament Soverengnity, artinya kekuasaan yang sangat besar pada diri parlemen.

Lembaga Yudikatif dari Britania Raya adalah Supreme Court of the United Kingdom (Mahkamah Tinggi Kerajaan Inggris). Supreme Court of the United Kingdom ini merupakan pengadilan tertinggi yang ada di Britania Raya.

Ada 2 partai yang saling bersaing di negara ini yaitu Partai Buruh dan Partai Konservatif. Partai yang menang dalam pemilu dan mayoritas di parlemen merupakan partai yang memerintah, sedangkan partai yang kalah menjadi partai oposisi.  Sebelum Partai Buruh naik dalam politik Inggris, Partai Liberal merupakan partai politik besar lainnya, bersama dengan Konservatif.

Saat ini (tahun 2019), kepala negara Britania Raya merupakan seorang ratu yaitu Ratu Elizabeth II. Ratu Elizabeth II telah memerintah selama 67 tahun bahkan hampir mencapai 68 tahun. Ia telah memerintah dari 6 Februari 1952 hingga sekarang ini. Sedangkan Perdana Menteri yang sedang memerintah saat ini adalah Boris Johnson. Ia merupakan  seorang politikus Partai Konservatif Britania Raya dan wartawan yang terpilih menjadi Perdana Menteri Britania Raya sejak 24 Juli 2019. Sebelumnya, Johnson menjabat sebagai Menlu Britania Raya, Wali kota London, anggota Parlemen Britania Raya, dan Pemimpin Redaksi majalah The Spectator. 

Semoga info di atas dapat membantu, terima kasih. ^^

KONTEN MENARIK LAINNYA
x